Belajar Pemilu, Siswa SMPN 4 Kota Bima Kunjungi RPP Lawata

  Pelajar SMPN 4 Kota Bima kunjungi RPP Lawata KPU Kota Bima. Aktualita, Kota Bima - Ingin mengetahui dan belajar tentang sejarah Pemilihan ...

 

Pelajar SMPN 4 Kota Bima kunjungi RPP Lawata KPU Kota Bima.

Aktualita, Kota Bima - Ingin mengetahui dan belajar tentang sejarah Pemilihan Umum di Indonesia, siswa/siswi SMPN 4 Kota Bima, Selasa (15/8/2023) berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima. Kunjungan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kunjungan siswa/ siswi tersebut diterima langsung oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati, S.Sos. Sesuai dengan SOP berkunjung ke RPP Lawata, secara detail Yety menjelaskan langkah-langkah dan hal-hal yang harus ditaati oleh pengunjung. Mulai dari mengisi buku tamu, kemudian menuju ruang Display. Pada ruang display ini, Yety menjelaskan tentang sejarah Pemilu di Indonesia, Peserta Pemilu dari Pemilu ke Pemilu, sejarah Lembaga Penyelenggara Pemilu, System Pemilu yang berlaku di Indonesia dan juga hasil dari Pemilu ke Pemilu. 

Kemudian, pengunjung diajak untuk melihat Ruang Perpustakaan Mini RPP Lawata, Ruang Audio Visual, dan Ruang Simulasi TPS. Di Ruang Simulasi TPS, Yety menjelaskan tugas dari masing-masing anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Mulai dari KPPS 1 sampai dengan KPPS 7. Yety juga menjelaskan terkait hal apa saja yang harus dilakukan oleh pemilih dan peserta Pemilu di TPS pada hari pemungutan suara.

Dari ruang simulasi TPS, pengunjuung RPP Lawata kemudian diarah menuju Aula Kantor KPU Kota Bima. Seperti biasa, diakhir kunjungan siswa/siswi diberikan kuis. Tujuannya, untuk mengetahui sejauh mana pengunjung memahami apa yang sudah disampaikan. 

Perwakilan dewan guru dari SMP Negeri 4 Kota Bima, pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih, karena siswa/siswinya telah menerima banyak ilmu yang berkaitan dengan kepemiluan. Ia juga menyampaikan permohanan maaf, jika tersua hal-hal yang tidak diinginkan selama kunjungan berlangsung. Lanjutnya, kegiatan kunjungan tersebut sebagai bentuk pelaksanaan program dari kurikulum Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

“Terimakasih dan kami mohon maaf, mungkin kedatangan kami ini mengganggu aktifitas kerja jajaran KPU yang saat ini sedang padat sekali,” tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Kota Bima, Mursalin sebelum mengakhiri kegiatan itu menyampaikan ucapan terimakasih dan berharap ke depan, siswa/siswi SMPN 4 Kota Bima lebih sering berkunjung ke RPP Lawata. Karena menurutnya, keberadaan Rumah Pintar Pemilu merupakan sebuah konsep Pendidikan pemilih, dengan memanfaatkan ruang yang ada. “Kegiatan yang kita lakukan pagi ini merupakan bagian dari Pendidikan pemilih,” tutupnya. 

Kunjungan dari Siswa/Siswi SMP Negeri 4 Kota Bima tersebut diakhiri dengan foto bersama di halaman Kantor KPU Kota Bima.

[akt.02]

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

item