FGD KPU Kabupaten Bima, Rumusan Pungut Hitung Suara Pemilu 2024

Suasana FGD KPU Kabupaten Bima. Aktualita, Kota Bima - KPU Kabupaten Bima melaksanakan grup diskusi terpimpin atau Focus Group Discussion (...

Suasana FGD KPU Kabupaten Bima.

Aktualita, Kota Bima - KPU Kabupaten Bima melaksanakan grup diskusi terpimpin atau Focus Group Discussion (FGD) tentang penyiapan rumusan kebijakan pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu serentak tahun 2024.

FGD berlangsung di aula Hotel Mutmainah Kota Bima, Minggu 25 Juni, pagi. Dihadiri antara lain sejumlah stakeholder, organisasi kemasyarakatan dan partai politik, tokoh Pemilu dan mantan penyelenggara Pemilu.

PLH Ketua KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin, menjelaskan FGD sehari dilaksanakan untuk mendapatkan rumusan pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu tahun 2024 sebelum ditetapkan oleh KPU RI melalui Peraturan KPU (PKPU).

Pemilu tahun 2019 lalu, kata dia, ada beberapa masalah yang terjadi hingga terjadi pemungutan suara ulang. "Dari hal ini ada catatan yang ingin kita dapatkan melalui FGD untuk penyempurnaan pungut hitung suara Pemilu 2024 yang akan kami sampaikan ke KPU RI," terangnya.

Menurut Ady, terkait pungut hitung perlu kiranya lebih awal dirumuskan seperti apa rancangan yang akan dibakukan dalam bentuk PKPU.

"Rumusan pungut hitung ini pastinya menjadi penting untuk dibahas dan diskusikan, sehingga pada akhirnya dapat diformulasikan tata cara yang tepat terkait tata cara pungut dan hitung nantinya," tutur dia.

Ady berharap, seluruh pihak yang diundang dalam FGD dapat secara aktif memberikan pandangan, terkait seperti apa rumusan pungut hitung Pemilu serentak tahun 2024.

Ia menambahkan, KPU Kab Bima saat ini telah menyelesaikan sejumlah tahapan yang beririsan. Diantaranya Pleno DPT, verifikasi dokumen Bacaleg dari Parpol. 

"Hari jni juga kami melaksanakan tahapan persiapan logistik," sebut Ady.

Untuk diketahui, DPT Kabupaten Bima Pemilu 2024 sebanyak 376.511. Ada peningkatan DPT sebanyak 10.761 dari Pemilu tahun 2019 lalu sebanyak 365.750.

[akt.01]

Related

Politik 1528929068140693920

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

item