KPU Kabupaten Bima Uji Publik Rancangan Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD pada Pemilu 2024

  Kegiatan uji publik rancangan penetapan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Bima. (akt) Aktualita, Bima - KPU Kabupaten Bima me...

 

Kegiatan uji publik rancangan penetapan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Bima. (akt)

Aktualita, Bima - KPU Kabupaten Bima melakukan uji publik rancangan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi Anggota DPRD Kabupaten Bima pada Pemilu 2024, Kamis, 15 Desember 2022.

Kegiatan untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari sejumlah elemen yang diundang tersebut, dihelat di Hotel Marina Inn Kota Bima. Diikuti antara lain para Parpol peserta Pemilu, akademisi, unsur pemerintah daerah, sejumlah Camat dan Kades.

Ketua Devisi SDM, Sosdiklih dan Parmas KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin, mengatakan, sebelumnya KPU Kabupaten Bima telah mengumumkan melalui berbagai media terkait rancangan Dapil dan alokasi kursi Anggota DPRD pada Pemilu 2024. Baik melalui media massa, media sosial, website KPU Kabupaten Bima maupun papan pengumuman di Sekretariat KPU Kabupaten Bima.

Ady menjelaskan, uji publik dilakukan berdasarkan Peraturan KPU RI Nomor 6 Tahun 2022 pada tahapan penetapan Dapil. Sesuai regulasi itu diatur bahwa KPU kabupaten maupun kota diharuskan membuat maksimal tiga rancangan.

"Peraturan KPU Nomor 6 mengamanatkan bahwa harus ada tanggapan masyarakat terkait hal Rancangan Dapil karena bagaimanapun Dapil berdampak langsung terhadap masyarakat," katanya.

Tanggapan dan masukan dari masyarakat sangat diperlukan oleh KPU Kabupaten Bima untuk penyempurnaan Dapil dan Alokasi kursi Anggota DPRD Kabupaten Bima pada Pemilu 2024. Tanggapan dan masukan tersebut bisa dijadikan pertimbangan untuk pemekaran Dapil

"Pandangan-pandangan yang disampaikan Parpol, akademisi dan elemen terkait akan kami sampaikan untuk dibahas secara berjenjang oleh KPU Provinsi NTB, kemudian KPU RI," pungkas Ady.

[akt.01]


Related

Politik 7668091033990077203

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item