Polres Bima Kota Dukung Penerapan PSBK

Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wcaksono SIK SH. AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima telah menerapkan Pembata...

Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wcaksono SIK SH.

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima telah menerapkan Pembatasan Sosial Berbasis Kelurahan (PSBK) untuk mencegah Covid-19.

Mendukung pelaksanaan pembatasan sosial di tingkat kelurahan selama 14 hari ke depan itu, Polres Bima Kota siap mengamankannya.

“Apa yang sudah menjadi kebijakan pemerintah daerah kita mendukung semuanya, termasuk PSBK ini,” ujar Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono SIK SH di Mapolres setempat.

Mantan Kasubdit III Direskrimum Polda NTB mengaku, telah berkoordinasi dengan unsur kelurahan-kelurahan di Kota Bima agar pelaksanaan PSBK efektif. Termasuk kata dia, bekerjasama dengan Koramil dan Polsek untuk menentukan titik pembuatan portal masing-masing kelurahan.

“Kita sudah koordinasikan semua supaya dengan portal yang dibuat ini, bisa benar-benar mengamankan lingkungan ada,” katanya.

Kapolres juga mengaku telah menyampaikan syarat-syarat kepada pihak Pemda dan kelurahan terkait PSBK. Seperti, untuk jalur umum atau jalur utama dilarang ditutup.

“Kemudian jalur-jalur distribusi Sembako jangan sampai terhambat dengan adanya PSBK ini, karena itu menyangkut pemenuhan kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Untuk personel kepolisian sendiri kata Kapolres, sementara ini tidak ada penambahan personel. Hanya saja, di setiap pos-pos di kelurahan akan diadakan patroli rutin.

“Untuk PSBK ini nanti kita akan adakan patrol rutin. Jadi, dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas nanti akan berpatroli ke masing-masing wilayah kelurahan, supaya bisa menjaga ataupun mengecek keamanan di tempatnya masing-masing,” tutur Kapolres.

Kapolres menambahkan, PSBK ini diperlukan kesadaran semua pihak. Terutama, kesadaran masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri terhadap lingkungan yang lain.

“Ada jam malam, pada waktu malam mereka menutup wilayahnya sehingga benar-benar wilayahnya itu tidak mudah termasuki oleh pihak lain, sehingga terhambat penyebaran Covid-19 ini,” imbuhnya.

Manurut Kapolres, yang berperan penting dalam PSBK adalah masyarakat. Kepolisian membantu mengamankan agar pelaksanaannya lancar. “Karena PSBK ini timbul dari kesadaran masyarakat untuk memproteksi diri agar tidak terkena Covid-19,” katanya.

Dia berharap, masyarakat menyadari bahaya Covid-19 yang terus menigkat di NTB. Sehingga dengan adanya kesadaran tersebut, masyarakat bisa memproteksi diri dengan cara menjaga jarak, menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan. “Dengan kesadaran diri mereka ini, mereka juga sduah menjaga keluarganya dan orang lain,” pungkas Kapolres.

[akt.01]

Related

Hukrim 8415369565243187713

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item