Amankan Pilkades Serentak, Dua Polres di Bima Kerahkan Ratusan Personil Gabungan

Aparat keamanan yang disiapkan Polres Bima Kota untuk mengamankan Pilkades serentak. [akt/ist] AKTUALITA.INFO , BIMA - Senin (16/12),...

Aparat keamanan yang disiapkan Polres Bima Kota untuk mengamankan Pilkades serentak. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, BIMA - Senin (16/12), 82 Desa di Kabupaten Bima akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak, yang tersebar di 10 kecamatan. 48 desa diantaranya, berada di wilayah hukum Polres Bima.

Menghadapi Pilkades serentak 2019, Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo SIK menerjunkan personel pengamanan sebanyak 451 personel. Gabungan dari Polres, Polsek, Brimob dan TNI.

Jumlah personil gabungan Polres dan Polsek sebanyak 331 personil. BKO (bawah kendali operasi) TNI sebanyak 60 personil, dan BKO Brimob 60 personil. “Para personil Pam Pilkades ini akan ditempatkan pada masing-masing desa yang melaksanakan Pilkades serentak,” ujar Kapolres melalui Kasubbag Humas IPTU Hanafi, kemarin.

Dengan penempatan pasukan BKO dan Polres di luar pengamanan TPS, lanjut Hanafi, yakni 1 peleton Brimob di Kecamatan Bolo, 1 peleton Brimob di Kecamatan Woha, 1 peleton TNI di Kecamatan Belo dan 1 peleton TNI di Kecamatan Palibelo. “Satu peleton TNI dan Brimob sebanyak 30 personil,” sebutnya.

Selain itu, ditempatkan pula 1 regu Patmor (sebanyak 13 personil) di Kecamatan Sanggar dan 1 peleton Dalmas (sebanyak 21 personil) di Kecematan Monta dan Parado. Kemudian, 1 regu Patmor (14 personil) di Kecamatan Madapangga.

“Satu peleton Dalmas disiapkan untuk stand by di Mapolres Bima. Untuk mengantisipasi terjadinya suatu kejadian,” ujarnya.

Hanafi mengatakan, prosesi pelepasan personil pengamanan Pilkades dilaksanakan dalam apel pergeseran. Digelar di halaman Mapolres setempat, Sabtu (14/12).

“Menghadapi pelaksanaan Pilkades, Kapolres mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana yang aman dan kondusif,” pungkasnya.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkades, Polres Bima Kota akan menurunkan 450 personil gabungan.

Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono SIK menyebutkan, ada 34 desa yang melaksanakan Pilkades serentak di wilayah hukum Polres Bima Kota. Tersebar di tujuh kecamatan yakni, Lambu, Sape, Wera, Langgudu, Ambalawi, Wawo dan Lambitu.

"Tujuh kecamatan ini masuk dalam wilayah pengamanan kita. Selebihnya merupakan wilayah hukum Polres Bima," ujar Kapolres melalui Kasubbag Humas IPTU Hasnun H AR di Polres setempat, Jumat (13/12).

Dijelaskannya, sekitar 450 personil yang akan diturunkan untuk pengamanan Pilkades. Merupakan personil gabungan Polres dan Polsek yang wilayahnya melaksanakan Pilkades. "Ditambah BKO (bawah kendali operasi) dari Brimob untuk empat kecamatan," sebut Hasnun usai mengikuti apel pemaparan Kapolres terkait Pam Pilkades di halaman Polres setempat.

Pada masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) lanjut dia, ditempatkan sekitar 5 sampai 7 personil. Untuk mengawal dan mengamankan proses pungut hitung. "Dari 34 desa yang laksanakan Pilkades di wilayah hukum kita, ada 36 TPS yang akan dijaga 5 atau 7 orang anggota sampai prosesnya selesai," jelasnya.

Khusus personil Brimob kata Hasnun, akan melaksanakan pengawalan dan pengamanan pada empat kecamatan. Yakni, Kecamatan Lambu, Sape, Wera dan Langgudu. "Empat kecamatan ini dinilai rawan. Per TPS akan dijaga 7 sampai 10 personil gabungan," tandasnya.

Hasnun menambahkan, personil gabungan ini akan dilepas secara resmi oleh Kapolres. Pada Minggu (15/12), dalam upacara peleasan yang dilaksanakan di halaman Mapolres. "Karena hari Senin,16 Dedember Pilkades serentak sudah dimulai, upacara pelepasannya dilaksanakan Minggu. Terkait distribusi logistik Pilkades, sudah selesai kita kawal tanpa kendala," pungkasnya.

[akt.01]

Related

Politik 868054441284931226

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item