Sosialisasi Pemilu, Warga Binaan Rutan Bima Antusias

AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA – Untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih dan kecerdasan pemilih pada Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum ...

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih dan kecerdasan pemilih pada Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima terus memberikan sosialisasi. Seperti yang dilaksanakan, Rabu, 13 Maret 2019.

Suasana sosialisasi Pemilu 2019 di aula Rutan Bima. [ak/ist]
Sosialisasi tentang Pemilu 2019, dilaksanakan di dua lokasi sekaligus. Yakni di Rumah Tahanan (Rutan) Bima dan di Panti Jompo Tresna Werda Kota Bima. Kegiatan sosialisasi tersebut mendapat sambutan positif dari warga binaan Rutan Bima maupun warga di Panti Jompo tersebut .

Empat komisioner KPU Kota Bima, turun menjadi narasumber di dua lokasi tersebut. Untuk di Rutan Bima, hadir Ketua Divisi Data dan Perencanaan, Bukhari dan Ketua Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yety Safriati. Sementara di Panti Jompo, hadir Ketua Divisi Teknis, Tamrin dan Ketua Divisi Hukum, Agussalim.

Pada sosialisasi tersebut, narasumber memberikan penjelasan tentang pentingnya Pemilu dan juga waktu pencoblosan. Hal penting lainnya yang disampaikan adalah, jumlah dan jenis surat suara, peserta Pemilu dan tata cara pencoblosan.

Ketua Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yety Safriati menjelaskan kegiatan sosialisasi terus dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih. Serta untuk meningkatkan angka kecerdasan pemilih.

“Harus kita akui, jika dilihat dari jumlah surat suara yang akan diterima begitu banyak. Sehingga perlu diberikan pemahaman, terutama tentang tata cara pencoblosan, untuk meminimalisir adanya suara tidak sah,” beber Yety.

Ditambahkan Yety, angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, KPU RI menargetkan 77,5 persen. Jika dilihat dari angka tersebut, target angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 lebih tinggi dari angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 yang hanya mencapai 75,2 persen.

“Sosialisasi ini sebagai upaya kami untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih. Melalui sosialisasi, kami mengajak pemilih untuk memberikan hak suara pada hari H nanti,” tuturnya.

Selain komisioner KPU Kota Bima, sosialisasi intens juga dilakukan oleh Relawan Demokrasi (Relasi) di semua basis. “Relasi merupakan perpanjangan tangan KPU untuk menyampaikan segala hal yang berkaitan dengan Pemilu 2019,” pungkasnya.

[akt.01]

Related

Politik 1220298755098377427

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item