Ratusan KK Terdampak Banjir di Monta, Bupati Perintahkan “Bawahannya” Turun Tangan

Tim Reaksi Cepat Penanggulanagan Bencana BPBD Kabupaten Bima di lokasi banjir. [akt/ist] AKTUALITA.INFO , Bima – Hujan yang terus men...

Tim Reaksi Cepat Penanggulanagan Bencana BPBD Kabupaten Bima di lokasi banjir. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, Bima – Hujan yang terus mengguyur di wilayah Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat beberapa hari terakhir menyebabkan banjir pada dua desa di Kecamatan Monta. Dua desa yang dilanda banjir yakni Desa Sie dan Desa Tangga.

Berdasarkan keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, ratusan kepala keluarga dua desa setempat menjadi korban banjir yang terjadi Senin sore, 22 Januari 2018. Rata-rata rumah digenangi lumpur setinggi 10 cm, dan warga kesulitan untuk memasak.

“Saat ini warga terdampak banjir menunggu dropping logistik dan konsumsi. Penyebab banjir yang paling parah adalah karena adanya penanaman bawang yang terjadi di areal pegunungan,” ujar Kabag Humas dan Protokol melalui Kasubbag Protokol dan Perjalanan, Suryadin, dalam keterangan persnya, Senin, 22 Januari 2018.

Sementara infrastruktur pendidikan yang terdampak banjir, katanya, yaitu SMPN 1 Monta dan SDN tangga 1.

Menyusul terjadinya banjir yang melanda dua desa tersebut, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri memerintahkan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima, Ir. H.M. Taufik Rusdy, M.AP., Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima, Salahuddin, SH., dan Satpol PP untuk segera melakukan penanganan bencana di kecamatan tersebut.

Menanggapi instruksi tersebut, pihak BPBD langsung menerjunkan tim untuk menangani dampak banjir dan melakukan langkah-langkah tanggap bencana pada dua desa kecamatan tersebut. Penanganan dimaksudkan agar kehidupan masyarakat dapat kembali normal, dan mengetahui dengan segera dampak yang ditimbulkan pasca terjadinya banjir.

“Nanti, Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD akan melakukan penghitungan kerugian yang diakibatkan oleh banjir di wilayah itu dan dilaporkan kepada bupati,” ujar Suryadin.

Dia mengatakan, sesuai laporan koordinator lapangan yang juga Kasubid Penanganan Darurat BPBD Kabupaten Bima, Bambang, yang memimpin Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, ada 15 orang tim diturunkan di Desa Tangga. Wilayah terdampak paling parah yaitu 50 KK di RT 02, 60 KK di RT 03, dan 50 KK di RT. 05. “Begitu tiba di lokasi, tim langsung membantu warga membersihkan sampah dan mempersiapkan droping logistik,” pungkas Suryadin.

[aktualita.02]

Related

Ragam 6103108918347988034

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

item