Pengadilan Negeri Dompu Pastikan Keterbukaan Informasi Publik

Pengadilan Negeri Dompu memperlihatkan beberapa penghargaan atas kinerja selama tahun 2015. Foto: yani AKTUALITA.INFO, DOMPU – Pengadil...

Pengadilan Negeri Dompu memperlihatkan beberapa penghargaan atas kinerja selama tahun 2015. Foto: yani
AKTUALITA.INFO, DOMPU – Pengadilan Negeri Dompu memastikan keterbukaan informasi publik melalui sinergisitas dengan insan pers. Salah satu lembaga yudikatif ini akan memberi ruang kepada pers dalam menyebarluaskan informasi untuk masyarakat terkait program dan kinerjanya.

Hal itu dipastikan Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Djuyamto, SH., dalam pertemuan (silaturahmi) dengan sejumlah wartawan media cetak dan elektronik yang bertugas di wilayah Kabupaten Dompu, Senin 29 Februari 2016. Pertemuan yang dihadiri Wakil Ketua Pengadilan, para hakim dan seluruh staf tersebut, pertama kali dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Dompu yang diprakarsai oleh Djuyamto. “Ini sebagai upaya kita menjalankan perintah undangan-undang dan menjawab tuntutan publik,” kata Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Djuyamto, SH.

Pertemuan yang berlangsung akrab di aula pengadilan setempat, Djuyamto menjelaskan tentang peliputan di Pengadilan Negeri Dompu, termasuk meliput persidangan. Selain itu, memaparkan kinerja Pengadilan Negeri Dompu selama tahun 2015.

Dalam hal peliputan sidang, dijelaskan bahwa tidak semua proses persidangan di Pengadilan Negeri Dompu bisa dibuka untuk umum dan diliput oleh wartawan. Misalnya sidang kasus anak di bawah umur, sidang kasus kesusilaan, dan sidang kasus perceraian tidak bisa diliput. “Lain dari itu terbuka untuk umum dan bebas teratur untuk diliput,” kata Djuyamto. “Pembatasan tersebut sudah diatur oleh aturan dan insan pers sudah sangat memahaminya,” katanya lagi.

Djuyamto mengapresiasi pers karena memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa. Pers adalah salah satu pilar demokrasi, di mana dedikasinya telah membawa bangsa pada kemajuan sesuai tuntutan dan perkembangan jaman. “Karena sama-sama berada pada posisi pilar demokrasi, maka pers dan lembaga yudikatif harus bisa bersinergi dalam membangun bangsa,” ujarnya.

Mengenai kinerja selama tahun 2015, Pengadilan Negeri Dompu meraih skor cukup tinggi (95) dalam penyelesaian perkara. Skor tersebut berasal dari penyelesaian perkara pidana dan perkara perdata.

Selain skor penyelesaian perkara yang tinggi, Pengadilan Negeri Dompu didaulat oleh institusi di atasnya, Mahkamah Agung (MA) dan Pengadilan Tinggi (PT). Sebagai salah satu Pengadilan Kelas II yang memiliki rating terbaik dalam hal keterbukaan informasi publik, pelayanan publik, dan reformasi internal.

“Sebagai contoh, Pengadilan Negeri Dompu juara tiga nasional pada lomba kinerja yang diselenggarakan Dirjen Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI,” beber Djuyamto.

Selain mendapat prestasi bergengsi tersebut, Pengadilan Negeri Dompu mendulang beberapa prestasi lain di tingkat Pengadilan Tinggi. Diantaranya meraih juara dalam aspek administrasi perkara dan kepegawaian.

"Pengadilan Negeri Dompu juga nihil pengaduan dari masyarakat pencari keadilan. Di tingkat Pengadilan Tinggi, Pengadilan Negeri Dompu rangking satu untuk rasio penanganan perkara di antara Pengadilan Negeri se-NTB," ungkap Djuyamto.

[yani]

Related

Pemerintahan 6610228082332538189

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item