PPID Bima Juara Pertama Keterbukaan Informasi Publik

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima saat menerima penghargaan AKTUALITA.INFO, BIMA – Pejabat Pengelola In...

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima saat menerima penghargaan
AKTUALITA.INFO, BIMA – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima dinobatkan sebagai jawara (juara pertama) pada ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi NTB. Prestasi ini adalah yang ketiga kali secara berturut-turut diraih PPID Kabupaten Bima.

Kepala Sekretariat PPID Kabupaten Bima, Muhammad Irfan, ST.M.Eng mengatakan, PPID Kabupaten Bima berhasil meraih peringkat pertama karena dinilai telah memenuhi syarat. Antara lain, data yang dibutuhkan sebagai standar pelayanan semua tersedia di sekretariat PPID.

Selain itu, lanjut lanjut Irfan yang juga Kabid Kominfo Dishubkominfo Kabupaten Bima ini, PPID Kabupaten Bima sudah membentuk 191 PPID Desa. Kemudian ada inovasi berupa pembuatan majalah PPID, Buku Himpunan Peraturan PPID, dan Papan Informasi ke semua SKPD dan Kantor Camat. “Agar prestasi ini dapat dipertahankan, maka semua potensi akan ditingkatkan,” ujar Irfan usai menerima penghargaan.

Menurutnya, ke depan penguatan sumberdaya manusia (SDM) pelayanan dan pembinaan sampai ke tingkat desa akan ditingkatkan. Selain itu koordinasi dengan SKPD akan terus diintensifkan. “Sehingga informasi berkala harus sudah ada di sekretariat tepat waktu dan perlu melakukan inovasi layanan informasi online,” jelas Irfan.

Tahun ini Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan informasi Badan Publik oleh Komisi Informasi provinsi NTB dilangsungkan di Ballroom Hotel Grand Lagi Mataram, Kamis (7/1). Melombakan tiga kategori, yaitu kategori PPID Kabupaten/Kota, Kategori SKPD NTB, dan Kategori Partai Politik. Penerimaan penghargaan tersebut, Bupati Bima diwakili Kepala Dishubkominfo yang juga Ketua PPID Kabupaten, Bima Zunaidin, S.Sos,MM.

Para juara diumumkan setelah dilakukan serangkaian tahapan verifikasi dan kunjungan lapangan oleh Tim Komisi Informasi pada Desember 2015. Kunjungan ke PPID Kabupaten/kota, SKPD provinsi NTB, dan Parpol.

Ketua Komisi Informasi NTB, Ir.Drs.Syaikhu, M.M, membacakan pemeringkatan para juara menobatkan PPID Kabupaten Bima sebagai peringkat pertama kategori kabupaten/kota. Disusul PPID Kota Mataram dan PPID Kabupaten Lombok Barat masing-masing peringkat dua dan tiga.

Pada kategori PPID SKPD NTB, juara pertama diraih Bappeda Provinsi NTB. Disusul RS Jiwa Mutiara Sukma dan Dinas Pertambangan dan Energi masing-masing juara dua dan tiga. Sementara pada kategori Partai Politik (Parpol), juara pertama diraih PKS dan juara dua Partai Demokrat.

Pada acara yang turut dihadiri Wakil Gubernur NTB, H. Muhammad Amin, M.Si dan sejumlah pejabat teras Pemprov NTB dan Kabupaten/kota tersebut, Ketua Komisi Informasi Pusat, Ir. Abdul Hamid Dipopramono, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bukan sekedar pesta tetapi merupakan amanat untuk mengevaluasi implementasi keterbukaan informasi badan publik.

Untuk menjamin implementasi KIP di daerah, diperlukan sosialisasi KIP kepada masyarakat agar publik bisa melakukan permohonan informasi. “Di samping pada saat yang sama mendorong peran aktif Komisi Informasi di daerah, dan mendorong peran media untuk membantu mempublikasi informasi," jelas Hamid.

Pemerintah provinsi NTB melalui Wakil Gubernur, H.Muhammad Amin dalam sambutannya mengatakan, KIP merupakan tuntutan reformasi dan sebagai instrumen suatu negara untuk mencapai kemajuan. Oleh karena itu lanjutnya, dibutuhkan peran akif masyarakat sehingga akses informasi harus terbuka luas.

[yudha]

Related

Pemerintahan 5650918863394996226

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item