Peringati Hari Jadi ke-70, PMI Gelar Donor Darah

Suasana donor darah memperingati Hari Jadi ke-70 PMI Kota Bima. AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Memperingati hari jadi yang ke-70, Palang M...


Suasana donor darah memperingati Hari Jadi ke-70 PMI Kota Bima.
AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Memperingati hari jadi yang ke-70, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bima melaksanakan berbagai kegiatan sosial, diantaranya adalah donor darah. Kegiatan tersebut digelar di Taman Ria Kota Bima, Senin pagi (21/09).

Kegiatan donor darah PMI Kota Bima melibatkan sejumlah komponen. Diantaranya pegawai Pemerintah Kota Bima, pelajar, nggota TNI dan Polri, karyawan swasta, dan masyarakat umum yang sekaligus menjadi pendonor. Kegiatan dibuka oleh Asisten I Setda Kota Bima, Drs. Farid. M.Si.

Ketua Panitia Donor Darah, Ramli Hakim mengatakan setetes darah dapat menolong nyawa manusia. Kegiatan donor darah dapat menimbulkan kesadaran masyarakat dalam kegiatan kemanusiaan. Selain itu dapat memberikan pengaruh kesehatan yang baik bagi pendonornya. “Karena akan memperoleh darah baru yang lebih bersih,” kata Ramli.

Konsistensi para pendonor yang mendonorkan darahnya, menurut Ramli, akan memperkokoh upaya pembangunan kesehatan masyarakat. Terlebih akan menimbulkan semangat perayaan hari jadi PMI ke-70. Hal itu sesuai tema yang diusung yakni Mengabdi untuk Kemanusiaan dan Kemerdekaan. "Target kita pada acara donor darah Hari Jadi PMI kali ini adalah mengumpulkan 100 kantung darah," ujarnya.
Kegiatan donor darah kali ini merupakan yang keempat sejak pengukuhan dirinya sebagai Ketua PMI Kota Bima. Pada bulan Mei lalu, PMI menggelar donor darah memeringati Hari Jadi Kota Bima ke-13 dan Hari Jadi Kodam IX/Udayana.

Asisten I Setda Kota Bima, Drs. M. Farid M.Si mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan PMI Kota Bima. Menurutnya, PMI Kota Bima memiliki peranan penting dalam hal penyediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. “Kami bangga karena PMI melibatkan banyak pihak dalam kegiatan yang mulia ini,” kata Farid.

Dia mengatakan, keluhan masyarakat saat ini adalah kurangnya ketersediaan darah di PMI maupun di Rumah Sakit. Keluhan itu tercatat di rumah sakit maupun di berbagai klinik di Kota Bima. Para pasien maupun keluarga pasien, katanya, mengeluhkan sulitnya mendapatkan darah. Namun diakuinya, masih banyak keterbatasan atau kendala. Antara lain PMI belum memiliki fasilitas penyimpanan darah yang layak. “Kondisi ini akan kita upayakan bersama untuk dicarikan solusinya,” ujar farid.

[AL]

Related

Sosbud 5831312259301510144

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item