Kesadaran Minim, Penyebab Laka Lantas Meningkat

Ilustrasi AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Penyebab kecelakaan lalulintas (Laka Lantas) di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Bim...

Ilustrasi


AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Penyebab kecelakaan lalulintas (Laka Lantas) di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Bima Kota tahun 2015, masih seputar persoalan minimnya kesadaran pegendara terhadap aturan dan tatatertib lalulintas. Terutama pengendara usia sekolah (pelajar).

Berdasarkan catatan pihak Satuan Lalulintas Polres Bima Kota, Laka Lantas hingga Agustustahun ini sebanyak 101 kasus. Laka Lantas hingga korban tewas sebanyak 14 kasus, luka berat 43 kasus, dan luka ringan 44 kasus.

Menurut Kepala Sat Lantas Polres Bima Kota, AKP Aditya Pandita Wibisono, tingkat kecelakaan yang terjadi pada tahun ini lebih didominasi oleh para pengendara usia sekolah. Pelajar tersebut masih terbilang di bawah umur dan belum memiliki Surat Ijin Mengendara (SIM). “Laka Lantas terbanyak di Kota Bima ini adalah siswa SMA kelas satu dan dua,” katanya di Sat Lantas Polres Bima Kota.

Untuk meminimalisasi Laka Lantas, Sat Lantas Polres Bima Kota intens mengadakan sosialisasi tentang aturan dan tertib lalulintas. Kepada siswa selalu diimbau agar tidak mengendarai motor sebelum waktunya (cukup umur). Termasuk menyosialisasi terkait kegiatan penegakan hukum seperti tilang dan lainya. “Kami melakukan hal itu sebagai upaya pencegahan. Karena kecelakaan itu berawal dari pelanggaran, dan langkah itulah yang paling kami utamakan,” tandas Aditya.

Terlepas dari hal itu, Aditya berharap agar para orangtua lebih meningkatkan pengawasan dan tidak memberikan keleluasan terhadap anaknya menggunakan sepeda motor. “Kami juga minta kepada guru di sekolah agar memperingatkan dan mengimbau para siswanya tentang bahaya memakai kendaraan ketika tidak memiliki SIM. Terutama siswa yang belum mengetahui tatatertib lalulintas,” pungkasnya.

[dien]

Related

Ragam 714954490497381340

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item