Catatan 1,5 Tahun Kepemimpinan Bupati Bima

  Bupati Bima dan istri bersama pimpinan BUMN usai peringatan Hari Jadi Kabupaten Bima. Aktualita.info, BIMA – Tak terasa perjalanan...

 
Bupati Bima dan istri bersama pimpinan BUMN usai peringatan Hari Jadi Kabupaten Bima.

Aktualita.info, BIMA – Tak terasa perjalanan pemerintahan Kabupaten Bima selama 1,5 tahun dipimpin Bupati Bima, Drs H Syafrudin HM Nur M.Pd, MM. Sejumlah catatan prestasi dan hasil positif disampaikan pada Upacara Peringatan hari Jadi Bima Ke-375 Bima, di halaman kantor Bupati Bima, Minggu (5/7).

Memasuki penghujung masa pengabdian sebagai Bupati Bima, kerja keras dan sejumlah program strategis telah dijabarkan pasca pencanangan Tahun Kerja Berkelanjutan. Antara lain, penyelesaian pembangunan fisik tiga unit Kantor SKPD dan tahap pertama pembangunan Kantor Bupati Bima yang menyerap anggaran senilai Rp24,5 miliar.

Sebagai bukti Tahun Kerja Berkelanjutan, pada tahun 2015 telah dialokasikan anggaran sebesar Rp18 miliar lebih untuk keberlanjutan pembangunan tahap ke dua Kantor Bupati Bima tersebut. Pada sektor pertanian sebagai penyangga kehidupan sebagian besar masyarakat, pada tahun 2015 telah berhasil mendapatkan anggaran sebesar Rp115,94 miliar lebih, dan sampai dengan bulan Juni 2015, nilai dana yang diserap Rp67,45 miliar atau 58,17 persen.

Terkait percepatan pembangunan sektor pertanian ini, Kabupaten Bima sebagai salah satu sentra komoditi bawang merah di Provinsi NTB, dengan memiliki potensi lahan yang cukup tersedia. Dan, saat ini baru dimanfaatkan 50 persen atau lebih kurang 5.000 hektar dari potensi yang ada.

Di bidang pendidikan, ditilik dari aspek anggaran, belanja daerah untuk kegiatan pendidikan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan. Jumlah belanja urusan pendidikan untuk tahun 2014 mencapai 42,42%, melebihi dari target 20% sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional. Hal ini menggambarkan tingginya perhatian Pemerintah Kabupaten Bima terhadap bidang pendidikan.

Kerja keras jajaran pemerintah dan komitmen serta dukungan anggaran dalam APBD, telah mengantarkan Pemerintah Kabupaten Bima meraih prestasi kerja yang membanggakan, yang ditunjukkan dengan “Pencapaian Terbaik Sanitasi Berbasis Lingkungan Tahun 2014”.

Pemerintah juga memberikan perhatian yang sangat tinggi untuk membuka isolasi antar wilayah kecamatan dengan penyediaan fasilitas jaringan jalan dan jembatan yang memadai bagi masyarakat. Pada tahun 2014, telah dilaksanakan kegiatan penanganan dan rehabilitasi jalan dan jembatan dengan total anggaran sebesar Rp43,4 miliar.

Demikian halnya pada sektor infrastruktur, semangat mewujudkan pembangunan jalan dua lajur dari perbatasan Kota Bima sampai jembatan Palibelo kurang lebih 12 kilometer ini, tengah dikerjakan. Tahap awal yang dikerjakan tahun 2015 ini sepanjang 3.300 meter dari anggaran APBN senilai Rp60 miliar. Selain itu, perpanjangan Landasan Pacu Bandara Sultan M Salahudin Bima dari 1.650 meter menjadi 2.250 meter dengan senilai Rp26,2 miliar pada tahun anggaran 2015 terus diperjuangkan.

Dalam penanggulangan kemiskinan semakin menurun yaitu dari 19,41% pada tahun 2010 dan diproyeksikan menjadi 15,13% pada tahun 2014, melebihi target RPJMD Kabupaten Bima sebesar 17,41%. Keberhasilan ini tidak lepas dari beragam program penanggulangan kemiskinan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun APBN yang bersifat integral dan saling bersinergis bagi penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Bima.

Keberhasilan pembangunan tersebut juga tercermin pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bima yang mengalami peningkatan cukup tinggi dari 65,61 poin pada tahun 2010 menjadi 67,75 poin pada tahun 2014.

[yudha]

Related

Pemerintahan 4973126921382110218

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item