Tarian Kolosal Tambora Menyapa Dunia

Tarian Kolosal peringatan dua abad meletusnya gunung Tambora. /ydn Aktualita.info, DOMPU - Pemerintah Kabupaten Dompu telah merayaka...

Tarian Kolosal Tambora Menyapa Dunia
Tarian Kolosal peringatan dua abad meletusnya gunung Tambora. /ydn

Aktualita.info, DOMPU - Pemerintah Kabupaten Dompu telah merayakan HUT Jadi Dompu ke 200 tahun. Perayaannya dirangkai dengan peringatan dua abad  meletusnya gunung Tambora, yang dipusatkan di padang savana Doro Ncanga Desa Sori Tatanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu-NTB, Sabtu (11/4/2015).

Pada event Tambora Menyapa Dunia (TMD) itu, para lelaki wanita cantik dari dompu menyuguhkan atraksi tarian budaya. Unjuk kebolehan putra-putri daerah tersebut ditonton langsung oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi, serta rombongan kepresidenan.

Pertunjukan tarian kolosal itu menceritakan, gambaran pesta rakyat orang-orang terdahulu dalam suatu acara sebelum gunung Tambora meletus, 11 April 1815 lalu. Pada akhir pertunjukan, tiba-tiba terjadi bencana alam yakni meletusnya gunung Tambora.

Dalam cerita melalui tarian kolosal, tidak satu pun yang tersisa setelah gunung Tambora meletus dahsyat. Tiga kerajaan yaitu Kerajaan Tambora, Kerajaan Pekat, dan Kerajaan Sanggar terkubur saat itu. Dampak lain letusan dahsyat gunung Tambora juga merubah iklim dunia. Sebagian benua Eropa, tidak ada musim panas dalam dua tahun terakhir pasca Gunung Api Tambora meletus pada waktu itu. Kelaparan dan wabah penyakit juga melanda beberapa negara di benua Eropa.

Meletusnya Gunung Tambora menjadi catatan sejarah dunia. Hingga memasuki dua abad perayaan Tambora Menyapa Dunia, berbagai perubahan memberikan dampak positif terhadap kemakmuran masyarakat daerah di bumi Nggahi Rawi Pahu. Salah satunya terjadi di era kepemimpinan Drs H Bambang M Yasin.

Masyarakat memanfaatkan lahan yang tertimbun abu vulkanis untuk ditanami jagung. Hampir lima tahun terakhir, hasil komoditi itu memberikan perubahan yang signifikan, khususnya bagi petani di Kabupaten Dompu.

Di akhir atraksi tarian kolosal, para penari serentak mengangkat batang tanaman jagung. Itu sebagai simbol salahsatu program unggulan yang berhasil dicapai pemerintah dan masyarakat Kabupaten Dompu setelah memasuki dua abad meletusnya Gunung Tambora.


[yadin]

Related

Headline 8276077913465526669

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item