Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Bima Akan Luncurkan Kanal Pengaduan

AKTUALITA.INFO , BIMA – Untuk mendorong peningkatan transparansi penyelenggaraan pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Bima membentuk Kana...

AKTUALITA.INFO, BIMA – Untuk mendorong peningkatan transparansi penyelenggaraan pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Bima membentuk Kanal LAPOR SP4N (Layanan Aspirasi Pengaduan On Line Rakyat dan Sistim Pengelolaan Pengaduan Pelayanan PubliK Nasional).

Mekanisme Pengaduan.
Kanal LAPOR SP4N itu bekerjasama dengan Uni Eropa, Kementerian PAN dan RB, Ombudsman atas fasilitasi YAPPIKA-Action Aid (YAA) bersama 3 (tiga) mitra, Lembaga Gemawan, Yayasan Bahtera, dan Perkumpulan SOLUD

Koordinator Perkumpulan SOLUD, Anas, mengatakan saat ini sudah diterbitkan SK Tim pengelolaan pengaduan dan petugas administrator pengelola LAPOR SP4N. "Dalam waktu dekat, akan dibuat Standar Operasional Prosedur (SOP) dan rancangan Perbup tentang Kanal dan Mekanisme Pelayanan Aspirasi dan Pengaduan Rakyat,” katanya dalam keterangan tertulis Kepala Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, H. Abdul Wahab, Senin, 3 Desember 2018.

Menurutnya Anas, Kanal ini akan mengintegrasikan semua aplikasi layanan pengaduan dari OPD ke LAPOR SP4N di Kemenpan-RB dan Sekretariat Staf Kepresidenan. Aplikasi Program Lapor tersebut akan diluncurkan 17 Desember 2018.

Kelebihan kanal pengaduan terkoneksi dengan instansi di tingkat pusat, jelasnya, di satu sisi akan memudahkan masyarakat melaporkan dan mengetahui tindaklanjutnya. Sementara, di sisi lain, akan dapat digunakan oleh pemerintah daerah sebagai acuan perencanaan penganggaran daerah.

Sebelumnya, pada Workshop dan Training Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik di Hotel Mutmainah Kota Bima, Rabu (28/11) lalu, tim menyepakati rencana kerja tindak lanjut (RKTL). Kegiatan mencakup pembahasan draft standar operasional prosedur (SOP) dan penyusunan Peraturan Bupati yang direncanakan pekan pertama dan kedua Desember 2018.

Untuk tahun 2019, kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sosialisasi pengaduan pada pekan pertama Januari 2019. Studi banding dan Rapat Koordinasi Tim Pengaduan tiap triwulan. Persiapan lainnya adalah keikutsertaan pada lomba pengaduan tingkat nasional tahun 2019.

Selain itu, untuk meningkatkan kompetensi para pengelola dan tim penghubung, akan dilakukan penguatan kapasitas SDM dan sistem melalui konsultasi dan bimbingan teknis pada bulan Maret 2019.

[akt.02]

Related

Pemerintahan 816470264148496567

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item