Jika Mau Cuti, Anggota Polres Dompu harus Hafal ini

Seorang anggota Polres Dompu sedang menghafal visi dan misi Kapolri sebagai syarat mengajukan ijin atau cuti. [yani] AKTUALITA.INFO ,...

Seorang anggota Polres Dompu sedang menghafal visi dan misi Kapolri sebagai syarat mengajukan ijin atau cuti. [yani]

AKTUALITA.INFO, Dompu - Kepolisian Resort (Polres) Dompu, Nusa Tenggara Barat, memberlakukan aturan baru bagi anggota yang ingin mengajukan ijin maupun cuti. Aturan baru tersebut yaitu mewajibkan kepada seluruh anggota untuk menghafal visi dan misi Kapolri, 11 program promoter, dan quick wins Polri.

“Kewajiban menghafal tersebut tujuannya agar apa yang menjadi program Kapolri seluruh anggota harus mengetahui dan memahaminya,” jelas Wakapolres Dompu Komisaris Polisi Etek Riawan di ruangan kerjanya, Selasa (08/11/2016).

Etek mengatakan bahwa program itu adalah inisiatifnya berdasarkan perintah dari pimpinan yaitu Kapolda untuk setiap anggota wajib menghafal tiga item di atas. Agar perintah tersebut sukses dilaksanakan, maka disiasati dengan langkah inovasi. "Terus saya punya inisiatif bagaimana kalau untuk mengajukan ijin dan cuti, saya wajibkan anggota untuk menghafal perintah itu," ujarnya.

Dengan cara itu, anggota berusaha memaknai apa tujuan Kapolri dan akan masuk tertanam di otak anggota. Diharapkannya ada kemauan anggota untuk menghafal yang selama ini disikapi acuh tak acuh. “Dengan cara seperti ini, mau tidak mau ketika anggota mau mengajukan cuti mendadak maka dia harus menghafal kalau ingin dikabulkan permohonan cuti atau ijinnya,” terang Etek.

Menurutnya, hal dimaksud perlu diterapkan karena jika nanti ditanya masyarakat, maka anggota bisa mejelaskan karena sudah menghafalnya. "Bagaimana mau laksanakan tugas kalau tidak tahu visi misi Kapolri," katanya.

Diaku Etek, pimpinannya mengapresiasi cara tersebut ketika melakukan supervisi. Teknis pelaksanaan terhadap anggota ketika ingin mengajukan cuti atau ijin, mereka harus menghafal di pintu masuk ruangannya. “Terkadang ada yang berhasil, ada juga yang grogi,” ujarnya.

Untuk anggota yang masih muda, semua poin dari tiga item yang dipilih untuk dihafal harus diselesaikan semua. Sedangkan bagi anggota yang sudah umur dan mendekati pensiun, maka diberikan toleransi tidak dihafal semua.

Etek menambahkan, perintah untuk menghafal berlaku terhadap semua anggota mulai dari perwira, bintara, dan PNS. "Alhamdulillah semuanya sudah hafal. Pemberlakuannya mulai efektif dilaksanakan sebulan pasca-program Kapolri dikeluarkan,” pungkasnya.

[yani]

Related

Ragam 8098389602860201524

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item