Cegah Pungli, Pemkab Bima akan Bentuk Tim Saber

Wakil Bupati Bima, Drs H Dachlan M Noer saat mengunjungi salahsatu sekolah beberapa waktu lalu. AKTUALITA.INFO , Bima – Untuk mencega...

Wakil Bupati Bima, Drs H Dachlan M Noer saat mengunjungi salahsatu sekolah beberapa waktu lalu.

AKTUALITA.INFO, Bima – Untuk mencegah dan memberantas praktik pungutan liar (Pungli) terutama di lingkungan sekolah, Pemerintah Kabupaten Bima akan membentuk tim sapu bersih (Saber). Sinyalemen itu disampaikan Wakil Bupati Bima, Drs H Dachlan M Noer usai menyampaikan sambutan di acara Bintek Dinas Dikpora di aula SMPN 6 Kota Bima, Kamis (27/10/2016).

Dahlan mengatakan meski praktik Pungli santer dikabarkan kerap terjadi di lingkungan pendidikan, namun sejauh ini belum bisa dibuktikan. “Kita belum bisa buktikan. Tapi Insya Allah kita akan bentuk tim seperti halnya di jajaran Kepolisian, TNI, dan instansi lainnya,” kata Dachlan.

Menurutnya, tim tersebut akan bekerja jika ada laporan dari masyarakat. Ketika ASN melakukan Pungli maka akan diberikan tindakan tegas seperti penurunan pangkat, penundaan kenaikan pangkat, penundaan kenaikan gaji berkala hingga pemecatan. “Hal itu harus dilakukan karena melanggar disiplin. Sebab kita ini merupakan salasatu tata kelola pemerintah yang baik. Jadi harus dimulai dari hal-hal yang kecil,” jelasnya.

Dachlan menuturkan bahwa pungutan liar itu bukan saja merupakan kebijakan bupati, tetapi merupakan kebijakan presiden. Itu harus diberantas, dan siapa pun yang terlibat akan ditindak tegas. "Ini kebijakan Pemerintah Pusat yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah," tandasnya.

Ia mengimbau seluruh ASN untuk ikut mendukung pencegahan praktik Pungli di Kabupaten Bima. Jika itu ditegakkan akan, maka tidak ada lagi pungli-pungli di Bima. “Kalau yang sudah lalu tidak usalah dibicarakan, tapi yang sekarang yang perlu ditegaskan,” pungkas Dachlan.

[Moen]

Related

Pemerintahan 7524661366878679017

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item