Kapolda 'Masuk' Ponpes Usman Bin Afan

  Kapolda NTB dan Pimpinan Ponpes Usman Bin Afan . / yni Aktualita.info, DOMPU – Pondok Pesantren (Ponpes) Usman Bin Affan di Desa O&...

 
Kapolda NTB dan Pimpinan Ponpes Usman Bin Afan. /yni
Aktualita.info, DOMPU – Pondok Pesantren (Ponpes) Usman Bin Affan di Desa O'o, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, dikunjungi Kapolda NTB yang baru, Brigjend Drs. Umar Septono, SH.,MH., beserta rombongan. Sebelumnya, Kapolda baru selesai memimpin acara serah terima jabatan Kapolres Bima Kota. 

Kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi tersebut sebagai upaya mendekatkan institusi Kepolisian dengan masyarakat. Khususnya kalangan Ponpes yang dinilai turut serta memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa. Hal tersebut dikemukakan Kapolda dalam sambutannya pada kunjungan, Selasa 23 Juni 2015, sekitar pukul 10.30 Wita.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kepala Kemenag Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M.Si., Ketua MUI Dompu, Dr (HC) H. Abdullah Arsyad, Ketua Yayasan Ponpes Usman Bin Afan, H. Syamsuddin, S.Pd, dan Kepala Ponpes Usman Bin Afan, Ustad Zainuddin. Terlihat juga Ketua Lembaga Adat Masyarakat Donggo (Lamdo) Kabupaten Dompu, Kepala Desa O'o, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Tidak banyak item kegiatan dalam silaturrahmi dimaksud. Hanya berisi sambutan-sambutan diantaranya sambutan Ketua Yayasan, sambutan Ketua MUI, dan terakhir sambutan Kapolda. 

Ketua Yayasan dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Kapolda, karena sudah berkenan hadir di Ponpes Usman Bin Afan. Di tengah sambutannya, H. Syamsudin sesumbar, seraya memuji Kapolda. “Kehadiran Kapolda di sini kami memandang sebagai bulan Purnama,” kata Syamsuddin. Di samping pujian, dia pun memaparkan beberapa program pendidikan dan kurikulum di sekolahnya.

Kapolda menyampaikan komitmen lembaga yang dipimpinnya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Dengan pola pendekatan humanis di bawah tanggungjawab moral dan ketuhanan, karena sudah diberikan amanah oleh Tuhan. “Sudah tidak jamannya lagi berbicara teori, tapi harus eksen dan terjun langsung ke lapangan dalam melayani masyarakat,” kata Kapolda. 

Dikatakannya NTB terkenal dengan daerah seribu masjid. Maka itu, jajaran Polda akan bertandang untuk menjalin silaturrahmi. “Mari kita sama-sama mengajak masyarakat untuk kebaikan,” ajak Kapolda.

Lebih jauh Kapolda menuturkan, dirinya akan menyusun pogram untuk personil Polda NTB, yakni program ‘mengejar cinta kepada Allah dan mengejar cinta terhadap sesama’. Makna yang tersirat dari program tersebut, kata Kapolda, bahwa seluruh personil jajaran Polda NTB harus beriman dan bertaqwa kepada Tuhannya. 

Kemudian personil Polda NTB harus memiliki jiwa kesetiakawanan sosial yang tinggi, baik terhadap sesama anggota, terlebih terhadap masyarakat. Intinya, harus ada sinergitas antara hubungan dengan Allah dan hubungan antara sesama, yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku yang baik. “Dengan begitu, maka keadaan bangsa akan baik,” tandasnya. 

Kapolda mengaku, kehadiran pihaknya di Ponpes Usman Bin Afan adalah bagian untuk mempertanggunggjawabkan amanah kepada Allah SWT. “Kami tidak cinta dengan pangkat dan jabatan kami, tapi kami takut kepada Allah atas amanah yang sudah diberikan,” ujar Kapolda. 

Dalam acara silaturrahmi, dibuka ruang pengaduan dan tanya-jawab. Setelah itu, Kapolda memberikan paket bantuan kepada Ponpes Usman Bin Afan yang diterima oleh ketua Yayasan, H. Syamsuddin. 

[yani]

Related

Ragam 3951317010856787187

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Comments

Recent

item