KPU Matangkan Persiapan Debat Paslon Pilkada Bima

  Anggota KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin (kanan) dan Yuddin Chandra Nan Arif. AKTUALITA.INFO , BIMA - KPU Kabupaten Bima sedang mematangk...

 

Anggota KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin (kanan) dan Yuddin Chandra Nan Arif.

AKTUALITA.INFO, BIMA - KPU Kabupaten Bima sedang mematangkan persiapan debat terbuka antar Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima. Rencananya, debat hanya dilaksanakan satu kali karena pertimbangan keterbatasan anggaran.

“Sesuai ketentuan, debat merupakan satu diantara metode kampanye yang diatur jadwalnya oleh KPU sehingga pelaksanaannya harus pada masa kampanye,” jelas Ketua Divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih KPU Kabupaten Bima, Selasa (13/10).

Ada 8 item yang dipersiapkan KPU dalam pelaksanaan debat terbuka antar Paslon. Yakni, desain acara, tema debat, peserta debat, jadwal dan tempat pelaksanaan, tim penyusun materi, moderator, undangan dan keperluan penyiaran.

“Kebutuhan 8 item ini yang sedang kami siapkan secara matang sehingga pelaksanaannya nanti maksimal. Progres persiapannya sudah sekitar 60 persen,” sebut Ady.

Setelah semuanya dipersiapkan, KPU Kabupaten Bima harus berkoordinasi dengan berbagai pihak. Yakni, partai politik pengusul Paslon, Paslon, tim kampanye, tim penyusun materi, moderator, dan lembaga penyiaran yang akan menyiarkan debat.

“Untuk rencana waktu debat akan difix-kan setelah dibahas bersama dengan para pihak tersebut. Ancang-ancang kami ya sekitar awal November ini,” ujarnya.

Ady menambahkan, ada ketentuan baru dalam pelaksanaan debat tahun ini. Karena digelar pada masa pandemi Covid-19, maka diterapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat.

Hal ini kata dia, berdampak pada pembatasan jumlah peserta dan undangan yang bisa masuk di lokasi debat.  Debat terbuka antar Paslon bertujuan untuk menyebarluaskan profil, visi, dan misi, serta program kerja Paslon kepada pemilih dan masyarakat.

Selain itu, memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salahsatu pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya. “Kemudian, menggali lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat dalam kegiatan debat publik atau debat terbuka,” pungkas Ady.

[akt.02]

Related

Politik 1033968261849412219

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item