Musda KONI Dompu, Pegiat Olahraga: Ketua KONI Harus Mundur

AKTUALITA.INFO , Dompu - Dewan Pengurus Daerah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, dalam waktu ...

AKTUALITA.INFO, Dompu - Dewan Pengurus Daerah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, dalam waktu dekat akan mengadakan Musyawarah Daerah (Musda) untuk memilih kepengurusan baru. Saat ini KONI Kabupaten Dompu dipimpin oleh seorang pejabat struktural di Pemerintahan Kabupaten Dompu.

Terkait akan dilakukannya Musda tersebut, seorang pegiat olahraga Syamsuddin Some mengatakan Ketua KONI Kabupaten Dompu sekarang harus segera mundur mengingat masa jabatannya berakhir tanggal 27 Februari 2017 dan segera mempersiapkan agenda Musda.

Syamsudin Some
Selain itu, Some mengingatkan bahwa jabatan Ketua KONI selama ini sesungguhnya telah melanggar aturan yang ada dengan mengacu kepada peraturan Pemerintah RI nomor 26 tahun 2007 tentang penyelenggaraan keolahragaan, pasal 56.

Kemudian UU nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional pasal 40, yang berbunyi pengurus Komite olahraga nasional, Komite olahraga Provinsi, Komite olahraga Kabupaten/Kota, mandiri dan tidak terikat dengan kegiatan jabatan struktural dan jabatan publik.

“Mengingat negara kita adalah negara yang berasaskan hukum, maka dengan sendirinya kepemimpinan KONI harus taat pada aturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Some di Dompu, Kamis, 23 Februari 2017.

Sebelum mengakhiri jabatan sebagai Ketua KONI per tanggal 27 Februari 2017, Some berpesan, kalau cerdas dan taat hukum seharusnya segera mengundurkan diri karena yang bersangkutan tengah memangku jabatan struktural di Pemerintahan Kabupaten Dompu.

Begitupun pada saat pencalonan, Ketua KONI saat ini dan siapapun yang ingin berkompetisi, maka harus berpatokan pada aturan yang berlaku. "Tinggal pilih, jabatan struktural atau ketua KONI?," ujar Some.

Some juga mengingatkan Pemerintah Daerah untuk tidak mengintervensi jalannya proses demokrasi dalam arena Musda. Harapan tersebut semata-mata agar semua cabang olahraga bisa berproses secara alamiah, dewasa, dan taat asas untuk melahirkan pemimpin yang mampu mendorong dan melahirkan atlet yang berprestasi.

Sementara, Ketua KONI yang ingin diminta tanggapannya perihal persiapan Musda dan keikutsertaannya kembali untuk memimpin KONI sedang tidak ada di kantor.

[yani]

Related

Ragam 455509456647526654

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item