Komunitas Pramuka Bima Cek Kesehatan Warga Bajo Pulo

Warga Bajo Pulo di tenda darurat pasca-musibah kebakaran. Foto: yudha AKTUALITA.INFO, BIMA - Komunitas Pramuka Peduli (KPP) Bima melaku...

Komunitas Pramuka Bima Cek Kesehatan Warga Bajo Pulo
Warga Bajo Pulo di tenda darurat pasca-musibah kebakaran. Foto: yudha

AKTUALITA.INFO, BIMA - Komunitas Pramuka Peduli (KPP) Bima melakukan pengecekan kesehatan secara gratis kepada warga Desa Bajo Pulo, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Rabu (16/12). Kegiatan sosial tersebut, sebagai bentuk keprihatinan komunitas pramuka terhadap warga Bajo Pulo pascamusibah kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kami memberikan pelayanan kesehatan gratis seperti pengecekan tekanan darah kepada 39 warga Bajo Pulo. Kami melihat pola tidur dan makan warga Bajo Pulo, terganggu pascabencana kebakaran tempo hari,” ujar Koordinator KPP Bima, Arief Rachman.

Menurutnya kegiatan tersebut sebagai bakti Pramuka kepada masyarakat. Sekaligus Mengampanyekan pengendalian penyakit dan pentingnya kesehatan. “Pramuka turut berperan dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Kami ingin masyarakat meski mengalami bencana untuk tetap awas dan paham tentang pentingnya memeriksa kesehatan, menjaga pola makan, dan menjaga kesehatan lingkungan,” terangnya.

Petugas kesehatan KPP Bima, Adi Rahmat Zain SKep Ners menjelaskan, ada beberapa warga yang mengalami hipotensi akibat ganguan pola tidur. Karena itu, masyarakat dianjurkan agar tidur yang cukup, menjaga pola makan sehat, dan rutin mengecek di Puskesmas.

“Jangan tunggu sakit dulu baru memeriksa kesehatan, karena sehat itu mahal. Harusnya kita rutin mengecek kesehatan di Puskesmas,” saran Adi yang juga menjabat sebagai Penyuluh Kesehatan Masyarakat.

Sementara itu salah satu Bidan Desa, Rosita mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan KPP Bima. Menurutnya warga sangat antusias mengecek kesehatannya. Dia berharap, ke depan kegiatan seperti itu bisa diteruskan, sehingga warga bisa mengetahui kondisi kesehatannya. Apalagi, warga hanya memeriksa kesehatan saat sakit saja. Kalau tidak sakit, mereka jarang mau memeriksa kesehatan karena terkendala faktor ekonomi. “saat ini pola tidur dan makan masyarakat terganggu. Kami berterimakasih kehadiran KPP, semoga kegiatan seperti ini bisa terua dilakukan," harapnya.

[rul]

Related

Sosbud 6480846074235693159

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item