Gema-Pis Sebar Bunga Pesan Pilkada Damai

Aksi Gema-Pis serukan Pilkada Damai. Foto: AL AKTUALITA.INFO, BIMA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bima tinggal menghitung...

Aksi Gema-Pis serukan Pilkada Damai. Foto: AL
AKTUALITA.INFO, BIMA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bima tinggal menghitung hari. Pesta demokrasi lima tahunan di bumi ‘Maja Labo Dahu’ dipastikan ramai. Kompetisi para kontestan meraih dukungan tentu saja berlangsung sengit. Berbagai kiat dan strategi politik untuk menarik simpati masyarakat (pemilih) kian dinamis. Demikian suhu politik terlihat makin panas.

Dengan kondisi seperti itu, sangat dikuatirkan terjadi gesekan horisontal antar-pendukung pasangan calon (Paslon). Sehingga mengganggu keamanan dan ketertiban daerah. Untuk diketahui, Kabupaten Bima merupakan salah satu wilayah pelaksana Pilkada yang masuk dalam catatan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai zona rawan konflik.

Untuk mengantisipasi gesekan terjadi, Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) dan Rumah Cita gencar melakukan kegiatan untuk mendorong peningkatan kualitas pemilih. Selain itu, menyerukan Pilkada damai sebagai salah satu prasyarat kualitas Pilkada.

Salah satu kegiatan yang dilakukan Gema-Pis dan Rumah Cita adalah aksi Mimbar Demokrasi di Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Rabu (25/11). Kegiatan itu dirangkai dengan membagikan 1.000 bunga pesan Pilkada Damai Kabupaten Bima.

Lokasi kegiatan di Tente dinilai sangat strategis, karena dekat dengan terminal dan pasar Tente. Mobilitas masyarakat yang tinggi, sehingga memudahkan menyampaikan pesan moral termasuk ajakan menyukseskan Pilkada. Tidak hanya membagi bunga, namun juga menandatangani pakta integritas bersama yang dilakukan oleh masyarakat yang melintas, baik masyarakat umum maupun pelajar yang menjadi pemilih pemula.

Aksi mimbar demokrasi Pesan Pilkada Damai juga mendapat dukungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima. Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Bima, Muhammad Waru, SH, MH, ikut bergabung bersama massa aksi yang berjumlah 40 orang. Semua peserta aksi yang ambil bagian menggunakan Pakaian Seragam Kaos yang bertuliskan “Pilkada Damai, Pilkada Berkualitas”. “Pemilih Cerdas, Pilkada Berkualitas”.

KPU kabupaten Bima sendiri membagikan pin, bulpen dan stiker ajakan menyukseskan Pilkada. Aksi ditutup dengan teaterikal oleh peserta yang intinya mengajak semua elemen, baik pasangan calon, tim sukses, penyelenggara Pilkada, dan lainnya bersama mendukung kesukseskan Pilkada dan menjaga Pilkada Damai.

Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Bima, Muhammad Waru, menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Gema Pis dan Rumah Cita. Mengajak seluruh elemen masyarakat menyukseskan Pilkada Kabupaten Bima pada 9 Desember 2015. Diharapkannya, tingkat partisipasi meningkat dan bisa menjadi pemilih yang cerdas.

Muhammad Yunus, Direktur Rumah Cita, mengatakan aksi damai ini untuk menggugah semua masyarakat untuk bersama menyukseskan Pilkada Kabupaten Bima. “Kami mengajak masyarakat agar tidak Golput. Gunakan hak pilih demi Kabupaten Bima lebih baik ke depannya,” ajak Yunus.

Yunus juga mengajak masyarakat menggunakan hak pilih secara cerdas, menolak politik uang, k arena bukan sikap bagi pemilih teladan. “Mari tunjukkan keteladanan kita dalam Pilkada ini. Pilkada yang Damai adalah salah satu prasyarat bagi Pilkada yang berkualitas. Untuk itu pilihan boleh beda, namun harus dan wajib saling menghargai,” ujarnya. (AL)

Related

Politik 5396288863609484160

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item