Antisipasi Kenaikan Harga, Bulog Bima Jual Beras Murah

Kepala Bulog Bima (kaca mata) saat inspeksi harga beras di pasar Raya Bima. /yudha Aktualita.info, KOTA BIMA – Mengantisipasi kenaikan...


Antisipasi Kenaikan Harga, Bulog Bima Jual Beras Murah
Kepala Bulog Bima (kaca mata) saat inspeksi harga beras di pasar Raya Bima. /yudha
Aktualita.info, KOTA BIMA – Mengantisipasi kenaikan harga beras yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat, akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM), Perum Bulog Bima merencanakan operasi pasar beras. Yaitu menjual beras di bawah harga yang berlaku di pasaran. “Tujuannya untuk menghindari naiknya inflasi di Bima dan Dompu,” ujar Kepala Perum Bulog Sub-Divre II Bima, Muhammad Saukani.

Operasi pasar beras akan digelar di Pasar Raya Kota Bima, Kamis 20 November 2014. Setelah itu akan dievaluasi untuk operasi pasar tahap berikutnya di Kabupaten Bima dan Dompu.

Saukani mengatakan jumlah beras yang akan digelontorkan pada operasi pasar tidak terbatas. Mengingat stok beras yang dikuasai oleh Perum Bulog Bima saat ini cukup besar, yakni sekitar 13.000 ton. “Lamanya operasi pasar tidak akan dibatasi waktu. Intinya sampai harga beras itu turun dan stabil,” jelas Saukani disela-sela kegiatan inspeksi harga beras di Pasar Raya Kota Bima, Rabu 19 November 2014.

Diharapkan operasi pasar beras yang jumlahnya tidak terbatas tersebut, lanjut dia, kenaikan harga beras tidak akan terjadi. Karena para spekulan atau pedagang beras yang ingin mempermainkan harga beras, tidak akan berani menaikan harga. Untuk harga operasi pasar, kata Saukani, Perum Bulog menetapkan harga Rp7.300/kilogram. “Sehingga dengan harga tersebut akan mengganduli naiknya harga beras di pasar,” terangnya.

Saukani menambahkan beberapa hal yang menyebabkan naiknya harga beras di pasar. Seperti adanya kenaikan harga BBM, berkurangnya stok beras yang dimiliki oleh masyarakat karena saat-saat ini panen sudah tidak ada lagi, serta belum adanya penyaluran Raskin tambahan.

Saat ini harga beras yang berlaku di Pasar Raya Kota Bima sebesar Rp8 ribu per kilogram untuk kelas beras medium. Sedangkan beras premium seharga Rp9 ribu per kilogram.

[yudha]

Related

Ragam 5304453260942150117

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item