Angka Harapan Hidup di Desa Pesa di Atas 70 Tahun

Suasana saat penilaian lomba desa di Kecamatan Wawo Kabupaten Bima  AKTUALITA.INFO , Bima – Angka harapan hidup Desa Pesa, Kecamatan ...

Suasana saat penilaian lomba desa di Kecamatan Wawo Kabupaten Bima 

AKTUALITA.INFO, Bima – Angka harapan hidup Desa Pesa, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima tahun 2017 rata-rata di atas 70 tahun. Hal itu dikemukakan Kepala Desa Pesa, Rudi Hartono, dalam laporannya ketika menerima Tim Penila Lomba Desa tingkat Kabupaten Bima 2017, Jumat, 24 Maret 2017.

Rudi mengatakan keberhasilan pembangunan bidang kesehatan di desa Pesa ditunjukkan dengan tidak adanya gizi buruk dua tahun terakhir. Selama dua tahun terakhir juga tidak terjadi kematian ibu hami dan melahirkan, kematian bayi nol, serta usia harapan hidup di atas 70 puluh tahun.

Keberhasilan itu, Rudi mengaku, tidak terlepas dari upaya pemerintah kabupaten Bima, pemerintah kecamatan, dan pemerintahan desa melaksanakan secara konsisten program-porgram kesehatan. Seperti sosialsasi dan implementasi pola hidup sehat, kegiatan Posyandu, dan gerakan sayang ibu. “Dan ini merupakan kerja keras dari kader Posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di desa,” katanya.

Diakuinya, dalam rangka meningkatkan kualitas kader telah dilakukan berbagai pelatihan untuk memotivasi para kader dalam melayani ibu, bayi dan balita di Posyandu.

Rudi Hartono juga memaparkan tentang meningkatnya cakupan imunisasi polio dari 45 orang pada tahun 2015 menjadi 47 orang pada tahun 2016. Cakupan jamban keluarga juga mengalami peningkatan 638 rumah tangga pada tahun 2015 menjadi 567 rumah tangga pada tahun 2016.

“Hal ini menunjukkan bahwa 84,41 persen Rumah Tangga di desa Pesa memiliki jamban keluarga dan yang belum meniliki jamban menggunakan WC umum,” jelas Rudi.

[AL]

Related

Pemerintahan 1985538321835677021

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item