Jelang Vermin, Tim Verifikator Ikuti Simulasi Penggunaan SIPOL

Aktualita, Kota Bima - Menjelang pelaksanaan Verifikasi Administrasi (Vermin) Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Tin...

Aktualita, Kota Bima - Menjelang pelaksanaan Verifikasi Administrasi (Vermin) Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten/Kota, Selasa (16/8/2022), Tim Verifikator KPU Kota Bima menerima pengarahan dari Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi NTB, Zuhriati. 

Kegiatan yang diikuti oleh Tim Verifikator KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB melalui Daring tersebut bertujuan untuk mengetahui persiapan masing-masing KPU Kabupaten/Kota dalam menghadapi kegiatan Verifikasi Administrasi Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten/Kota.

Selain diikuti oleh Tim Verifikator, kegiatan yang digelar oleh KPU Provinsi NTB tersebut diikuti juga oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Kota Bima, Sekretaris KPU Kota Bima, dan juga Kasubbag Teknis Penyelenggara Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Kota Bima, Sri Wahyuni selaku Admin SIPOL KPU Kota Bima.

Dalam arahannya, Zuhriati mengingatkan kepada seluruh peserta Zoom Meeting, bahwa pelaksanaan Verifikasi Administrasi Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten/Kota, dilaksanakan berdasarkan Keputusan KPU Nomor 260 Tahun 2022 Tentang Pedoman Teknis bagi KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD. Dimana waktu pelaksanaannya dari tanggal 16 sampai dengan 29 Agustus 2022.

Pada kesempatan itu, Zuhriati memberikan kesempatan kepada masing-masing Admin KPU Kabupaten/Kota untuk memberikan laporan terkait persiapan pelaksanaan kegiatan Verifikasi Administrasi Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten/Kota. Selain bertanya terkait persiapan, Zuhriati juga menanyakan pada Admin masing-masing KPU Kabupaten/Kota terkait dengan data dan dokumen apa saja yang telah diterima dari KPU melalui SIPOL. 

“Silahkan di cek pada SIPOL, berapa jumlah dukungan keanggotaan Parpol yang sudah masuk, silahkan direkap untuk mempermudah pembagian tugas tiap-tiap Tim Verifikator,” tegas Zuhriati. 

Sebelumnya, Tim Verifikator KPU Kota Bima, pada hari Senin (15/8/2022)  telah mengikuti kegiatan Pengenalan dan Simulasi penggunaan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Narasumber pada kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor KPU Kota Bima tersebut adalah Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Tamrin SH dan Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Sri Wahyuni, SE. 

Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman dan memperkenalkan fitur-fitur yang ada pada SIPOL kepada Tim Verifikator. Selain dihadiri oleh Tim Verifikator, kegiatan Pengenalan dan Simulasi Penggunaan SIPOL dihadiri juga oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Bima, Sekretaris, Kasubbag dan Staf Sekretariat KPU Kota Bima. 

Untuk KPU Kota Bima, Tim Verifikator yang akan melakukan kegiatan Vermin Keanggotaan dibagi dalam lima kelompok. Dimana masing-masing tim terdiri dari dua orang Verifikator. Kemudian, masing-masing Tim Verifikator akan dikoordinir oleh satu orang Komisioner didampingi oleh Sekretaris/Kasubbag. Sementara perangkat yang akan digunakan oleh Tim Verifikator berupa, Komputer/Laptop, Printer, Jaringan dan ATK.   

Mengawali kegiatan tersebut, Mursalin mengingatkan Tim Verifikator untuk bekerja dengan teliti. Lanjut Mursalin, pada tahapan Verifikasi Administrasi Keanggotaan, KPU Kabupaten/Kota melaksanakan tugas yang didelegasikan oleh KPU RI. “Dalam hal ini, KPU RI merupakan Regulator, sementara kita KPU Kabupaten/Kota merupakan Eksekutor,” tegasnya.  

Sementara Sri Wahyuni pada kesempatan itu, memperkenalkan seperti apa saja fitur yang ada pada SIPOL. Kemudian, Sri Wahyuni memperkenalkan tata cara tehnik pengisian lembar kerja yang ada pada SIPOL.

[akt.02]

Related

Politik 6972688599750870644

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item