Komunitas Pramuka Santuni Korban Banjir Bandang di Sape

Komunitas Pramuka Peduli banjir bandang Sape foto bersama usai menyalurkan bantuan. AKTUALITA.INFO, BIMA - Banjir bandang yang menerj...

Komunitas Pramuka Peduli banjir bandang Sape foto bersama usai menyalurkan bantuan.
AKTUALITA.INFO, BIMA - Banjir bandang yang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Sape Kabupaten Bima beberapa waktu lalu, menyisakan kesedihan. Salah satu rumah terjangan banjir tersebut, adalah rumah milik Arjun. Anak yatim piatu yang selama ini tinggal bersama neneknya.
“Rumah satu-satunya peninggalan orangtuanya rubuh diterjang bajir bandang. Saat ini Arjun sementara tinggal di kios milik saudara sepupunya,” kata Aidin, S.Pd, Koordinator Satgas Posko Komunitas Pramuka Peduli Kecamatan Sape, Rabu (17/2).

Komunitas Pramuka Peduli menggalang dana untuk menyantuni keluarga yatim piatu tersebut. Sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama, karena Pramuka dibentuk dengan jiwa sosial yang tinggi.

Penggalangan dana dilakukan bersama anggota Pramuka dari Gugus Depan (Gudep) SMAN 1 Sape, SMAN 2 Sape, SMAN 3 Sape, SMPN 1 Sape, dan SDN Inpres 2 Naru. Mereka menggalang dana kemanusiaan di berbagai lokasi (jalan strategis) dan Gudep (sekolah-sekolah). “Melalui aksi kemanusiaan ini, kami juga ingin mengajarkan kepada adik-adik di Gudep, agar memiliki rasa kepedulian dan empati terhadap sesama. Dengan cara kita sisihkan sebagian uang jajan untuk korban banjir bandang,” ujar Aidin.

Komunitas Pramuka Peduli saat menyerahkan bantuan.
Bantuan kemanusiaan yang berhasil Komunitas Pramuka Peduli kumpulkan dari masyarakat dan anggota Gudep saat itu, berupa paket sembako (beras,mie, minyak kelapa, gula pasir, susu bendera, dan susu Balita). Selain itu, sejumlah peralatan mandi (sampho, sabu¬n mandi, sikat gigi), paket bumbu dapur, dan uang tunai. “Bantuan ini langsung kami serahkan kepada anak yatim piatu. Kami juga menyertakan uang limaratus ribu rupiah,” jelas Aidin.

Koordinator Komunitas Pramuka Peduli, Arief Rachman, mengapresiasi aksi kemanusiaan (penggalangan dana) yang dilakukan oleh anggota Pramuka Gudep yang ada di Kecamatan Sape. Dia bangga dan terharu melihat kepedulian sosial dalam membantu sesama. “Apalagi saat ini pramuka menjadi sorotan karena dianggap hanya bisa bertepuk tangan atau sekedar nyanyi-nyanyi. Saya ingin merubah image pramuka menjadi Patriot Dasa Darma,” kata Arief.

Sebelumnya, Minggu (14/2), Komunitas Pramuka Peduli telah menyalurkan bantuan kepada lima kepala keluarga korban banjir bandang di Sape. Bantuan berupa peralatan memasak (kompor, panci, wajan, piring, dan gelas), peralatan ibadah (quran, mukenah, dan sajadah), pakaian pramuka, tas, sepatu, dan alat tulis. Selain itu, merenovasi delapan MCK keluarga korban banjir bandang.

[yudha]

Related

Sosbud 8131814950099289064

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item