FKN, Seluruh Raja Disambut di Istana Kesultanan Bima

Aktualita.info, BIMA – Festival Keraton Nasional (FKN) akan dimulai Minggu 7 September 2014, sekitar pukul 13.00 Wita di Istana Kesult...

FKN, Seluruh Raja Disambut di Istana Kesultanan Bima

Aktualita.info, BIMA – Festival Keraton Nasional (FKN) akan dimulai Minggu 7 September 2014, sekitar pukul 13.00 Wita di Istana Kesultanan Bima. Pembukaan kegiatan yang diikuti sejumlah kesultanan/kerajaan se-nusantara dan Negara asing itu, akan menyuguhkan berbagai penampilan seni dan atraksi budaya masing-masing kerajaan.

Mengawali FKN ke IX (Sembilan) tersebut, Sabtu malam ini (6/9) dilangsungkan acara penyambutan seluruh raja/sultan, dirangkai acara makan malam bersama (Wellcome Dinner). “Sebagian besar tamu kerajaan yang diundang sudah ada di Bima. Malam ini kita adakan acara penyambutan,” jelas Ketua Panitia FKN, Dr H Siti Maryam, Sabtu sore (6/9).

Menurut putri Raja Bima Sultan Muhammad Salahudin itu, ada sekitar 24 kesultanan atau kerajaan yang hadir mengikuti FKN. Kerajaan dari Negara asing juga turut ambil bagian. Diantaranya Raja dari Negara Australia, Filipina, dan Italy. “Mereka sudah tiba di Bima dan siap mengikuti FKN,” katanya di Museum Samparaja Bima.

Sementara Kesultanan Nusantara, lanjut Ketua Majelis Adat Bima, sebagian besar sudah tiba di Bima. Antaranya kesultanan Jogja, Purwakarta, Solo, Demak, Cirebon, Denpasar, Gowa, Tallo, Boki Ternate, Kalimantan dan Sumatera. “Sekitar 80 persen kesultanan mengikuti festival ini,” ujar Siti Maryam yang akrab disapa Ina Ka’u Mari ini.

Penyambutan raja/sultan pada FKN yang dilaksanakan setiap 2 tahun tersebut, kata Ruma Bumi Partiga, diiringi kesenian tradisional Bima. Tari Wura Bongi Monca dan Tari Sampari (keris), merupakan tari adat Bima yang ditampilkan. Selain itu, kesenian adat Sumbawa dan Sasak (Lombok) juga ditampilkan.

“Esensi FKN ini adalah untuk melestarikan budaya bangsa dan mempererat kembali persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Ina Ka’u Mari. “Selain raja-raja yang datang, unsur Muspida masing-masing daerah juga hadir,” jelasnya lagi.

[yudha]

Related

Sosbud 6977482504698769496

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item