Tahun 2019, Kabupaten Bima Dapat Dana Transfer Rp1,55 Triliun

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, menerima dana transfer yang diserahkan Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah pada malam puncak p...

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, menerima dana transfer yang diserahkan Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah pada malam puncak peringatah Hari Jadi ke-60 Prov NTB. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, Mataram – Pemerintah Kota dan Kabupaten se-Nusa Tenggara Barat menerima alokasi dana transfer ke daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2019. Dana tersebut diterima masing-masing kepala daerah melalui Gubernur NTB, Dr. Zukieflimansyah, pada malam puncak peringatan Hari Jadi ke-60 Provinsi NTB di halaman kantor Pemprov NTB, Senin malam, 18 Desember 2018.

Dalam daftar yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, untuk Kabupaten Bima mendapat alokasi dana sebesar Rp1,55 triliun. Terbagi dalam transfer umum senilai Rp935,5 miliar, dana transfer khusus Rp419,2 miliar, dana Insentif daerah Rp12,2 miliar, dan Dana Desa Rp185,61 Miliar.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, mengatakan komponen dana transfer umum mencakup dana bagi hasil pajak dan dana bagi hasil sumberdaya alam. Sedangkan komponen dana alokasi umum (DAU) mencakup DAU murni formula.

Sementara, pada komponen dana transfer khusus mencakup dana alokasi khusus (DAK) Reguler, DAK penugasan dan DAK afirmasi, dan DAK Non Fisik. Dialokasikan pada sektor pendidikan, kesehatan, sanitasi perumahan dan pemukiman, industri kecil, pertanian, kelautan perikanan, pariwisata dan sektor jalan, pasar, irigasi dan transportasi maupun bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) pendidikan, tunjangan profesi guru, dan dana bantuan operasional Kesehatan (BOK).

“Diharapkan dana transfer ini dapat mendorong percepatan pembangunan daerah, serta peningkatan kualitas bidang pendidikan dan kesehatan serta sektor strategis lainnya di Kabupaten Bima,” kata bupati. 

[akt.02]

Related

Pemerintahan 1807634430011663196

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item