Tim OXFAM Inggris Tinjau Kota Tangguh Bencana

Tim OXFAM didampingi Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Bima foto bersama siswa-siswi dan masyarakat Ndano Nae. AKTUALITA.INFO , Kota Bima...

Tim OXFAM didampingi Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Bima foto bersama siswa-siswi dan masyarakat Ndano Nae.

AKTUALITA.INFO, Kota Bima - Keberhasilan Kota Bima melaksanakan program kota tangguh bencana diapresiasi pihak OXFAM. Enam orang delegasi OXFAM yang berkantor pusat di Oxford Inggris itu langsung datang meninjau di Kota Bima, Kamis (17/11/2016).

Tim OXFAM disambut Wali Kota Bima HM Qurais H Abidin dan Ketua DPRD Kota Bima Fery Sofyan SH. Mereka adalah Ellie Hughes (Regional Fundraising Manager), Emily Gillingham (Senior Editorial and Communication Manager), Emma Learner (Major Gifts Accounts Manager), Gillian Nelson (Oxfam Shop Manager), James Bulman (Advocacy and Campaign Coordinator), dan Leigh Stenson (Shop Treasure, shop worker and festival steward).

Didampingi oleh Ade Reno Sudiarno dan Dheni Ardhian dari OXFAM Indonesia, rombongan disambut oleh Wali Kota di ruang kerjanya. Hadir pula Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Bima Anwar Arman SE, Kepala LP2DER Ir Bambang, dan jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima.

Tujuan kedatangan tim tersebut adalah untuk meninjau keberhasilan berbagai program sosial yang dilaksanakan oleh OXFAM di Kota Bima. OXFAM telah melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di Kota Bima sejak tahun 2012, dengan fokus utama membangun ketangguhan kota terhadap bencana.

Wali Kota menjelaskan tentang gambaran umum wilayah Kota Bima dengan banjir sebagai ancaman bencana yang paling tinggi frekuensinya. Hal ini turut dipengaruhi oleh letak Kota Bima yang berada di kawasan muara.

Wali Kota menjelaskan, program ketangguhan yang diinisiasi oleh OXFAM telah berhasil dengan baik di Kota Bima. Salah satu indikatornya adalah penetapan Kota Bima sebagai pilot project Kota Tangguh oleh BNPB, serta terbentuknya komunitas tangguh pada tiap-tiap Kelurahan.

Bahkan BPBD bekerjasama dengan LP2DER sebagai mitra OXFAM di Kota Bima telah berhasil membentuk jaringan relawan Kota Bima yang saat ini beranggotakan 600 orang. “Beberapa waktu lalu kami sempat tertimpa angin topan berskala kecil, namun cukup menimbulkan kerusakan. BPBD dan kelompok relawan sangat responsif dan langsung bergerak membantu masyarakat. Kesadaran kolektif seperti inilah yang merupakan keberhasilan terbesar program kota tangguh,” jelas Wali Kota.

Emily Gillingham mewakili tim OXFAM menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas penerimaan dan sikap kooperatif yang ditunjukkan oleh pemerintah dan masyarakat Kota Bima. Diyakininya, hal inilah yang menjadi salahsatu alasan utama keberhasilan program kota tangguh bersama OXFAM.

Usai pertemuan, Wali Kota mengajak rombongan OXFAM untuk meninjau masyarakat Kelurahan Ndano Nae dan Lingkungan Busu untuk melihat jembatan yang pembangunannya diinisiasi oleh OXFAM. Kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk berdialog dengan masyarakat.

[AL]

Related

Pemerintahan 1105928138345644090

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item