Dinas Kominfo Akan Bangun Jaringan Intranet, Dukung Program Smart City

AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA-Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima akan membangun jaringan intranet di tiga titik. Yakni, di k...

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA-Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima akan membangun jaringan intranet di tiga titik. Yakni, di kantor Pemkot Bima, eks kantor Pemkot di Kecamatan Raba, dan di Dinas Kominfo Kota Bima.

Fadil S.STP
Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Kominfo Kota Bima Fadil S.STP mengatakan, infrastruktur jaringan intranet tersebut untuk mendukung program Smart City yang dicanangkan Pemkot Bima.

Jaringan intranet tiga titik itu jelas dia, akan saling terhubung komputer antara satu dengan lainnya. “Yang dapat melakukan akses secara bersama-sama terhadap resources yang tersedia,” jelas Fadil di Dinas Kominfo, Kamis (9/1).

Dikatakannya, di tiga titik itu juga akan terkoneksi jalur khusus. Namun, jenis jalurnya privat dan menjadi rahasia pemerintah.

“Ketika ini terbangun, semua akan terintegrasi. Seperti e-planing, e-budgeting, e-pendapatan, dan e-aset,” katanya.

Menurut alumni STPDN ini, semua nanti bisa optimal termasuk pembahasan APBD. Seperti rapat dan pertemuan jika kepala daerah berhalangan hadir, bisa melakukan video conference. “Begitu juga dengan kepala OPD yang terhubung dengan jaringan tersebut,” tuturnya.

Diakuinya, jaringan intranet tiga titik tersebut sangat mendukung program Smart City. Karena dukungan paling utama mewujudkan Smart City adalah infrastruktur.

“Pada akhirnya juga, program ini untuk mendukung efektivitas dan efisiensi pekerjaan pemerintah daerah. Walikota Bima pun bisa menerima laporan secara langsung dari kepala OPD tanpa perlu dihadirkan atau tatap muka,” jelas mantan Lurah Sambinae ini.

Dia menambahkan, rencana tersebut sudah masuk dalam program pemerintah tahun anggaran 2020. Akan dikerjakan oleh pihak ketiga karena nilainya ratusan juta rupiah.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 7597151160856008921

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item