Gagasan Cemerlang Zul-Rohmi untuk Kesetaraan Gender di Era Milineal

Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Jilbab hijau), Calon Wakil Gubernur NTB 2018. [akt/ist] AKTUALITA.INFO , Lombok Timur – Pasangan Cagub ...

Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Jilbab hijau), Calon Wakil Gubernur NTB 2018. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, Lombok Timur – Pasangan Cagub dan Cawagub NTB, Dr Zulkieflimansyah dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) menilai kesetaraan gender di era Milineal harus dilaksanakan dalam pembangunan NTB ke depan.

Pada jajaran birokrasi Pemprov NTB, pasangan Zul-Rohmi akan mendorong porsi perempuan dalam jabatan untuk memenuhi porsi yang tepat. "Kaum perempuan juga harus diberi keleluasaan yang besar untuk turut berkontribusi membangun daerah ini di segala bidang," kata Cawagub, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (SRD).

Menurutnya, Zul-Rohmi akan memberikan kesempatan yang luas bagi para perempuan untuk mengisi jabatan strategis di Pemprov NTB jika kelak Zul-Rohmi terpilih sebagai pemimpin NTB. "Jika para perempuan punya kompetensi untuk itu, tentu mereka juga bisa mengisi formasi jabatan-jabatan penting. Jadi tidak ada lagi yang mengatakan atau merendahkan perempouan di bawah laki-laki. Tapi semua akan dilihat berdasarkan kompetensinya," kata Sitti Rohmi, Minggu 3/6/2018 di Lombok Timur.

Hal yang sama juga pernah ditekankan SRD, saat menjawab pertanyaan pakar tentang kesetaraan gender yang proporsional, dalam debat terbuka kandidat calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur NTB 2018, yang digelar KPU Provinsi NTB beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika dipercaya memimpin NTB maka Zul Rohmi akan menempatkan perempuan pada porsi yang pas. "Kami berikan keleluasaan yang sangat besar bagi para perempuan untuk mengekspresikan kompetensinya dan mengaktualisasikan dirinya," kata SRD.

SRD mengatakan, jika bicara tentang kesetaran gender, maka harus diingat bahwa perempuan adalah Madrasah pertama bagi anak-anaknya. Dengan demikian, peran perempuan sangat besar dalam pembangunan.

Selain akan memberikan porsi yang tepat dan keleluasaan yang besar bagi para perempuan untuk mengekspresikan kompetensinya di segala bidang pembangunan, pasangan Zul-Rohmi juga akan meningkatkan pemberdayaan perempuan di NTB. "Beberapa caranya melalui bantuan modal (usaha), pelatihan, pembinaan dan pendampingan. Sehingga ke depan perempuan NTB akan menjadi makin religius, mandiri, dan berkualitas," tegas SRD.

Pasangan Dr Zulkieflimansyah dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) merupakan pasangan Cagub dan Cawagub NTB dengan nomor urut 3, yang maju dalam kontestasi Pilkada NTB ini diusung Partai Demokrat dan PKS.

Zulkieflimansyah sebelumnya menjabat anggota DPR RI. Pria akrab disapa Doktor Zul ini juga merupakan pendiri Universitas Teknik Sumbawa (UTS) di pulau Sumbawa.

Sementara, Sitti Rohmi Djalilah (SRD) merupakan mantan Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur dan menjabat Rektor Universitas Hamzanwadi Lombok Timur.

Satu-satunya calon yang mewakili perempuan ini, juga merupakan kakak kandung Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), sekaligus cucu dari Pahlawan Nasional pendiri organisasi Nahdlathul Wathan (NW), Maulana Syaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid.

Maju dalam kontestasi Pilgub NTB tahun ini, pasangan Zul-Rohmi mengangkat jargon lanjutkan ikhtiar TGB untuk NTB yang Gemilang. [akt-d]

Related

Politik 2580334842442982621

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item