Tak Disangka, Dandim Dompu Berbuat Seperti ini pada Veteran..

Para pejuang kemerdekaaan (veteran) saat menghadiri upacara Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2017. [yani] AKTUALITA.INFO , Dompu - Kom...

Para pejuang kemerdekaaan (veteran) saat menghadiri upacara Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2017. [yani]

AKTUALITA.INFO, Dompu - Komandan Kodim 1614/Dompu, Nusa Tenggara Barat Letnan Kolonel CZI Arief Hadiyanto, S.IP., dalam waktu dekat merencanakan membangun rumah layak huni bagi beberapa mantan pejuang (veteran) yang saat ini tidak memiliki rumah.

Arif menuturkan dasar rencana pembangunan tersebut karena dalam suatu waktu dirinya menemukan seorang mantan pejuang kemerdekaan yang tinggal di tempat yang layaknya seperti kandang Sapi. 

"Saya menitikan air mata melihat kehidupan salah satu veteran di Kecamatan Kempo. Hidup seperti di kandang, gubuk beralaskan tanah, dan tidur di atas susunan papan yang digelari tikar. Sementara dulu mereka telah berjuang mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan kita," tutur Arif  pada aktualita.info di kantornya, belum lama ini.

Karena kondisi tempat tinggal seperti itu, kata dia, tentu tidak ada sekat antara kamar tidur, dapur, dan ruang tamu.

Arief mengenang kembali pertemuan dengan veteran, saat dirinya bertandang di rumah itu. Sang pejuang sangat terharu dan bangga, ketika itu dirinya pun mempersilakan veteran untuk menaiki mobilnya. "Bapak yang lebih layak naik di mobil ini, karena Bapak adalah pejuang dan saya harus menghormatinya," ucap Arief di hadapan seniornya itu.

Dalam rencananya, rumah yang akan dibangun itu yaitu rumah semi permanen, yang penting layak untuk dihuni dan memenuhi syarat ukuran dan kesehatan. "Kalau ada dana yang besar bisa dibangunkan rumah permanen," terangnya.

Terkait sumber anggaran yang akan digunakan, Arif berucap akan dikoordinasikan dan diusahakan dengan banyak pihak seperti Pemkab Dompu, dana CSR BUMN dan korporasi swasta, dan donatur lainnya yang mau menyumbang, karena anggaran dari institusinya tidak tersedia.

Diakuinya, beberapa veteran yang ada di Dompu belum memiliki surat keputusan (SKEP) dari Panglima Kodam, sehingga dana tali asih dan dana sosial lainnya tidak bisa dinikmati. Namun saat ini syarat mendapatkan SKEP sudah diurus oleh organisasi veteran (LVRI).

Sementara veteran yang ditemuinya tersebut, yakni veteran yang belum memiliki SKEP. Namun Arief tidak ingin terjebak dan kaku masalah administrasi. "Saya akan perjuangkan rumah mereka sebagai veteran karena veteran tersebut masih hafal bagaimana perjuangannya dan para saksi mereka masih ada. Kalaupun atasan saya marah, saya siap bertanggung jawab," ujarnya.

Diapun menegaskan apa yang direncanakannya semata-mata karena didorong oleh rasa kemanusiaan yang besar dan penghormatan kepada mantan pejuang.

[yani]

Related

Sosbud 6568388531783492484

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item