Ini Wilayah Sebaran Penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Dompu Enam Tahun Terakhir

Ilustrasi AKTUALITA.INFO , Dompu – Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Dompu, Zulkifli Lubis mengungkapkan bahwa dari jumlah wilayah ...

Ilustrasi

AKTUALITA.INFO, Dompu – Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Dompu, Zulkifli Lubis mengungkapkan bahwa dari jumlah wilayah Kecamatan sebanyak 8 wilayah, terdapat tiga kecamatan menjadi sebaran penyakit HIV/AIDS dan IMS Tahun 2016. Yaitu Kecamatan Dompu tercatat ada 4 orang penderita HIV, 4 orang mengidap AIDS, dan 12 orang mengalami infeksi menular seksual atau IMS.

Sementara di Kecamatan Woja terdapat 8 orang menderita HIV, 3 orang berpenyakit AIDS dan 13 IMS. Sedangkan di Kecamatan Manggelewa ada 7 orang mengalami IMS dan 3 orang HIV, sedangkan penyakit AIDS tidak ada.

Baca juga: Tiga Warga Kabupaten Dompu Positif AIDS

Ditambahkan, data kasus IMS, HIV dan AIDS Kabupaten Dompu tahun 2012 ada 7 kasus IMS, 5 kasus HIV, 2 kasus AIDS yang didalamnya terdapat 4 orang meninggal dunia.

Lalu pada tahun 2013 ada 6 kasus IMS, 3 HIV, sedangkan AIDS tidak ada kasus. Kemudian di 2014 ada 24 kasus IMS dan 10 kasus HIV, sementara penyakit AIDS tidak ada, begitu pula yang meninggal dunia tidak ada.

Sedangkan dalam tahun 2015 tercatat 34 orang mengidap IMS dan 5 orang menderita HIV. Sementara AIDS dan meninggal dunia tidak ada.

"Jadi rentang waktu antara 2012 sampai dengan 2015 terdapat 23 penderita HIV, 2 orang mengidap AIDS dan 71 orang penderita IMS, dan yang sudah meninggal dunia sekitar 4 orang akibat serangan HIV/AIDS," ungkapnya.

Zulkifli berkomentar virus mematikan HIV/AIDS ibarat fenomena gunung es, dan terjangkitnya penyakit tersebut disebabkan seks bebas dan faktor genetika.

Guna menghindari dan meminimalisir korban yang lebih luas, pihaknya giat melaksanakan kegiatan sosialisasi di sekolah dan masyarakat, yang didalamnya disampaikan edukasi tentang hal-hal yang mempengaruhi HIV/AIDS yang harus dihindari oleh masyarakat, mendorong dan memberikan pengertian kepada masyarakat untuk melakukan pengobatan, serta mengingatkan kepada masyarakat agar penderita HIV/AIDS tidak dikucilkan.

Namun diakui Zul, sosialisasi selama ini belum maksimal dikarenakan keterbatasan anggaran.

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV, atau infeksi virus-virus lain.

[yani]

Related

Ragam 1144337677163233883

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item