Pembangkita Listrik Tenaga Mikro Hidro di Tambora Diresmikan

Rida Mulyana bersama Wakil Bupati Bima dan sejumlah pejabat terkait menekan tombol pertanda pembangkit listrik tenaga mikro hidro diresmi...

Rida Mulyana bersama Wakil Bupati Bima dan sejumlah pejabat terkait menekan tombol pertanda pembangkit listrik tenaga mikro hidro diresmikan. [AL/ist]


AKTUALITA.INFO, Bima – Direktur Jendral Energi Baru, Terbarukan, Dan Konservasi Energi RI Ir. Rida Mulyana, M.Sc didampinggi oleh Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer, meresmikan pembangkit listrik tenaga mikro hidro di dusun Oi Kapanto desa Kawinda Toi Kecamatan Tambora, Sabtu (29/4).

Peresmian itu dihadiri Anggota Komisi VII DPR RI Dapil NTB Prof. Dr. Kuntoro, Direktur Aneka Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi RI Maritje Hutapea, kepala Dinas Perumahana dan Pemukiman Kabupaten Bima Haerudin, ST, MT. Dihadiri juga oleh Camat beserta unsur Muspika Kecamatan Tambora, Kapolsek Tambora, dan masyarakat.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangaanan penerimaan aset dari Direktur Aneka Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi RI Maritje Hutapea kepada Wakil Bupati Bima. Selain itu, penyerahan aset penerang jalan umum sebanyak 125 unit kepada Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Bima Drs. H.Rasyidin.

Usai dilakukan penekanan tombol bersama, Direktur Jendral Energi Baru, Terbarukan, Dan Konservasi Energi RI Ir. Rida Mulyana, M.Sc menyampaikan bahwa PLTMH merupakan salah satu program Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM. Masyarakat yang berada di dusun Oi Kapantor Desa Kawidna Toi Kecamatan Tambora dan sekitarnya, kata dia, dapat menikmati kebutuhan pasokan listrik untuk kebutuhan mereka.

“Saya harap Pemkab Bima dan seluruh masyarakat agar dapat menjaga keberadan aset tersebut sehingga bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan.” Harap Rida.

Dikatakannya, keberadaan PLTMH juga sangat tergantung dari kebutuhan aliran sungai, sehingga hutan sebagai cadangan penyimpan air dapat dperlihara secara bersama-sama. Keberadaan PLTMH ini menggunakan alokasi dana APBN dengan Kapasitas 100 KW senilai Rp6,374 miliar.

Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M.Noer mengatakan bahwa akses listrik dan sarana prasana jalan memang menjadi kendala utama di wilayah Tambora dan sekitarnya. Padahal, kata dia, wilayah Tambora dan sekitarnya termasuk Kecamatan Sanggar memiliki potensi besar untuk dikembangkan baik dari sektor pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, budaya dan pariwisata.

“Pada hari ini kami sangat bersyukur dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro yang menjadi pembuka semangat dan memotivasi masyarakat sekitar untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada,” katanya.

Potensi sumber daya air di wilayah sekitar lingkar Utara Tambora ini, jelas Dahlan, menjadi salahsatu pendukung keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Oleh karena itu, guna mendukung keberadaannya agar mampu berjalan dengan baik dan bertahan lebih adalah dengan pemeliharaan alam itu sendiri.

Lanjut Dahlan, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro akan sangat bergantung kepada air, dan itu tergantung pada pemeliharaan hutan. “ Saya berharap, pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro mampu bersinergi dengan masyarakat untuk ikut serta menjaga kelestarian alam,” harapnya.

Selain peresmian PLTMH Dirjen Jendral Energi Baru, Terbarukan, Dan Konservasi Energi RI Ir. Rida Mulyana, M.Sc meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS) yang diperuntukan di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Keberadaan PLTS selain untuk penerang bagi keberadaan pesawat yang tinggal di bandara juga dalam rangka mendatangkan turis mancanegara. “ Kami membangun PLTS ini diperuntukan bagi 4 (empat) bandara saja yang salah satunya di Bandara Muhamad Salahudin Bima” Tuturnya.

[AL]

Related

Pemerintahan 3800015677221571921

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item