Pamerkan Beragam Senjata, Stan Pameran Kodim Bima Paling Ramai Dikunjungi

Petugas piket stan Kodim 1608/Bima menerangkan jenis dan kegunaan senjata yang dipamerkan kepada pengunjung. [mrs] AKTUALITA.INFO , K...

Petugas piket stan Kodim 1608/Bima menerangkan jenis dan kegunaan senjata yang dipamerkan kepada pengunjung. [mrs]

AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Stan TNI dari Kodim 1608/Bima ikut berpartisipasi memeriahkan Pameran Pembangunan Kota Bima di lapangan Serasuba. Beragam senjata dan peralatan kerja harian ikut dipamerkan untuk memikat para pengunjung.

Dandim 1608 Bima, Letkol Inf Yudhil Hendro menjelaskan, keikutsertaan TNI dalam ajang pameran merupakan bentuk partisipasi untuk membangun daerah tercinta.

"TNI juga ingin terus membangun kemitraan dan mendekatkan diri dengan masyarakat," jelasnya saat berkeliling melihat stan bersama Wakil Walikota Bima dan Kapolres Bima Kota, Kamis malam, 27 April 2017.

Stan TNI kata Dandim, memamerkan senjata harian, atribut dari mulai kepala hingga kaki, informasi bagaimana masuk TNI, maupun foto-foto kegiatan TNI bersama masyarakat. "Mudah-mudahan masyarakat jadi lebih tahu tentang TNI dengan mengunjungi stan kita," harap Dandim.

Pantauan Aktualita.info, Kamis malam, 27 April 2017, stan TNI merupakan stan paling ramai dikunjungi. Sejumlah pengunjung banyak yang sekedar memanfaatkan peralatan dan atribut TNI untuk berfoto. Anggota TNI yang berjaga pun melayani dengan ramah.


Pada Aktualita.info, penjaga stan Kodim 1608/Bima, Sersan Kepala (Serka) Sirajudin menyebutkan beberapa alutsista yang dipamerkan. Diantaranya, Minimi (senjata otomatis), Mortir 60, Senjata Mesin Ringan (SMR), Peluru Kaliber 105 SMB (Senjata Mesin Berat), M16.A1.USA, SS1 PK3 (senjata serbu satu), Pistol P1 Pindad, dan Sangkur M16.

Dijelaskannya, Minimi (senjata otomatis) memiliki kelebihan satu kali tembakan bisa mengeluarkan puluhan butir peluru. “Senjata ini melidungi gerak majunya kawan menembak atau menggunting pasukan musuh,” jelas Serka Sirajudin.

Mortir 60 lanjut dia, kegunaannya untuk membubarkan musuh atau mengobrak-abrik musuh dengan tembakan lengkung. Senjata Mesin Ringan (SMR) digunakan untuk melumpuhkan musuh atau meruntuhkan tembok atau gedung.

Sementara, Peluru Kaliber 105 SMB (Senjata Mesin Berat) dengan daya efektif tembak sampai 11 kilometer. Kegunaannya untuk menghancurkan gedung tempat persembunyian musuh. “Sedangkan M16.A1.USA merupakan senjata semi otomatis yang digunakan untuk membidik atau penembakan musuh tepat sasaran,” kata Serka Sirajudin.

SS1 PK3 (Senjata Serbu Satu) merupakan senjata yang tangguh dimiliki oleh Indonesia. Rata-rata 700 tembakan per menit. Senjata tersebut, senjata lama akan tetapi ketangguhannya masih diperhitungkan. "Sama halnya dengan Pistol P1 itu produksi lama, akan tetapi senjata itu tangguh dalam medan pertempuran,"

Sangkur M16, merupakan sangkur tempur yang digunakan untuk melengkapi senjata M16 di ujung laras. Dapat digunakan untuk melawan musuh saat prajurit kehabisan amunisi.

[mrs/*]

Related

Ragam 354747653748323188

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item