Tahun 2016, Bupati Klaim Kemiskinan di Bima Menurun

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri menyerahkan LKPJ kepada Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Suciyati. [*] AKTUALITA.INFO , Bima ...

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri menyerahkan LKPJ kepada Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Suciyati. [*]

AKTUALITA.INFO, Bima - Dalam nota pengantar LKPJ tahun 2016, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menyampaikan bahwa implementasi misi Kabupaten Bima dalam penanggulangan kemiskinan, pemerintah daerah terus menerus melakukan upaya penurunan angka kemiskinan dari tahun 2014 sebesar 16,04 persen dan pada tahun 2015 menurun menjadi 15,78 persen.

Sementara pada tahun 2016 angka kemiskinan diproyeksikan lebih kurang 15,33 persen atau mengalami penurunan sebesar 0,45 persen.

Bupati Indah Dhamayanti Putri menjelaskan, penurunan angka kemiskinan tersebut sebagai dampak dari berbagai program pengentasan kemiskinan serta upaya peningkatan kegiatan ekonomi secara umum. Namun demikian, dalam beberapa tahun ke depan kemiskinan masih merupakan urusan yang serius di Kabupaten Bima, sehingga diperlukan peningkatan efektifitas program penanggulangan kemiskinan baik melalui program berbasis ekonomi, infrastruktur maupun program pemberdayaan masyarakat.

Indikator lain dalam mengukur keberhasilan membangun kualitas hidup manusia, jelas Bupati, adalah dengan melihat Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2015 capaian IPM Kabupaten Bima adalah 63,48 persen dan pada tahun 2016 diproyeksikan mengalami peningkatan menjadi 64,16 persen. “Hal ini menunjukkan bahwa IPM di Kabupaten Bima terus bergerak ke arah yang positif, baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi,” kata Bupati Indah.

Bupati Indah Dhamayanti Putri menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggunjawaban di hadapan Sidang Paripurna Ke-4 DPRD Kabupaten Bima hari, Rabu, 22 Maret 2017.

Dalam rapat paripurna yang merupakan agenda masa sidang I DPRD itu, Bupati mengemukakan bahwa penyampaian LKPJ merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada Masyarakat.

Maka itu, penyampaian LKPJ akhir tahun anggaran 2016 dimaksudkan sebagai salah satu wahana transparansi dan akuntabilitas publik dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah selama Tahun Anggaran 2016.

Dalam rapat paripurna yang dihadiri oleh Unsur Forkompinda, seluruh jajaran SKPD Lingkup Pemkab. Bima, Camat, kades, ormas, dan kalangan pers ini, Hj. Indah Dhamayanti Putri mengemukakan, penyampaian LKPJ merupakan gambaran capaian kinerja tahun pertama kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bima sejak tanggal 17 Februari 2016 yang lalu.

“ Upaya yang kami lakukan selama kurun waktu tersebut adalah melakukan konsolidasi dan merangkul kembali seluruh elemen masyarakat baik melalui silaturrahmi, syukuran dan beragam kegiatan lainnya. Untuk menyerap aspirasi dan masukan positif agar tercipta harmoni, sehingga kinerja pemerintahan dapat ditingkatkan secara bersama-sama dan sebagai landasan merumuskan kebijakan pembangunan di masa mendatang,” kata Bupati Hj. Indah Dhamayanti Putri.

Dikatakannya, LKPJ mencakup rangkuman keterangan atas pelaksanaan kebijakan, skala prioritas program dan capaian kinerja pelaksanaan pembangunan Kabupaten Bima selama Tahun Anggaran 2016. Penyampaian LKPJ di hadapan Sidang DPRD merupakan ikhtiar untuk mewujudkan pelaksanaan sistem demokrasi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sekaligus mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan daerah yang semakin partisipatif, transparan dan akuntabel.

LKPJ Bupati Bima Akhir Tahun Anggaran 2016 ini disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016-2021, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2016 dan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Bima Tahun Anggaran 2016. Berdasarkan RPJMD Kabupaten Bima Tahun 2016-2021, Visi Pemerintah Kabupaten Bima adalah Terwujudnya Kabupaten Bima yang Ramah, yaitu Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal.

[AL*]

Related

Pemerintahan 1515817772124959734

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item