Hari Pahlawan Nasional, Bangsa Butuh Patriotisme yang Positif dan Progresif

Wali Kota Bima HM Qurais H Abidin, Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2016. AKTUALITA.INFO , Kota Bima – Setiap ...

Wali Kota Bima HM Qurais H Abidin, Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2016.

AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Setiap zaman memiliki tantangannya sendiri. Oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya.

Demikian amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansah, yang dibacakan oleh Wali Kota Bima HM Qurais H Abidin, saat peringatan Hari Pahlawan di halaman kantor Pemkot Bima, Kamis (10/11/2016).

Wali Kota yang bertindak menjadi inspektur upacara mengatakan, setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif. Bangsa butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. “Patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk bisa mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik, dan berkepribadian dalam kebudayaan,” katanya.

Sejalan dengan orientasi Trisakti tersebut, lanjutnya, pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla hadir dengan menawarkan visi transformatif. Yakni, terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut, telah dirumuskan 9 agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut Nawacita. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah. Yakni ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi), dan ranah politik.

“Pada ketiga ranah tersebut, pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” jelas Wali Kota.

Peringatan Hari Pahlawan ini juga dirangkaikan dengan Hari Kesehatan Nasional ke-52 dan Hari Korpri ke-45. Berkaitan dengan Hari Korpri ke-45, Wali Kota berharap jajaran Korpri bisa menjadi teladan bagi perubahan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat. “Jajaran Korpri hendaknya mampu memahami dan melaksanakan penataan birokrasi untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, kompeten, dan mampu melayani masyarakat dengan lebih cepat lagi,” katanya.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke–52, lanjutnya, menjadi momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus diberikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Generasi cinta sehat siap membangun negeri, yang menjadi tema HKN tahun ini harus dimaknai secara lebih luas. Yaitu pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggungjawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif.

Usai upacara, Wali Kota bersama unsur FKPD Kota Bima menyerahkan bingkisan bagi anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bima yang diterima secara simbolis oleh Arahman Ibrahim, Ahmad Ismail dan Ishaka Badu.

Wali Kota bersama undangan menuju ke Pelabuhan Bima untuk melaksanakan larung bunga sebagai tanda penghargaan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang bagi negara.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2016, dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Kota Bima, Kapolres Bima Kota, Ketua TP-PKK Kota Bima, Ketua Iswara, perwakilan Kodim 1608/Bima, perwakilan Kejaksaan Negeri Bima, perwakilan Pengadilan Negeri Raba-Bima, Danki Brimob, pimpinan BUMN/BUMD, pengawas sekolah, perwakilan organisasi wanita serta, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkot Bima.

Peserta upacara berasal dari unsur pelajar, pemuda, Aparatur Sipil Negara, serta pasukan dari Kompi Brimob, Kompi Senapan A, Kodim 1608/Bima, dan Polres Bima Kota.
Petugas dan pejabat upacara berasal dari berbagai unsur, yaitu Perwira dan Komandan upacara dari Kodim 1608/Bima, pengibar bendera dari Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Bima, paduan suara dari SMAN 1 Kota Bima, pembaca doa Ketua FKUB Kota Bima, serta pembawa acara, pembaca pesan-pesan pahlawan, pembaca teks pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri dari Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bima.

[AL]

Related

Ragam 3286482522252271370

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item