Antisipasi Abrasi, PNS di Bima Tanam 1000 Pohon Kelapa di Pulau Gundul

Para PNS UPT Kecamatan Labggudu Kabupaten Bima menanam pohon kelapa di teluk Waworada. [syf]  AKTUALITA.INFO , Bima - Para Pegawai Ne...

Para PNS UPT Kecamatan Labggudu Kabupaten Bima menanam pohon kelapa di teluk Waworada. [syf] 

AKTUALITA.INFO, Bima - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, menanam 1000 pohon kelapa di tiga pulau yang berada di teluk Waworada di perairan setempat.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya abrasi akibat pembabatan hutan oleh oknum yang tak bertanggungjawab disejumlah pulau di wilayah itu.

Agar sampai dilokasi itu, para PNS berjumlah 50 orang itu harus menyebrang laut menggunakan Speedboat dengan jarak tempuh sejau 4 kilometer dari pemukiman warga.

Reboisasi yang dipimpin langsung Camat Langgudu, M Rum MSi pada Rabu (30/11/2016), ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PNS terhadap lingkungan. “Sebagai PNS tak hanya bertugas melayani masyarakat, tapi juga harus peduli terhadap lingkungan," ujar Rum, Kamis (01/12)

Menurut Rum, kerusakan hutan di sejumlah pulau itu rupanya membuat Ia merasa tergugah. Dibantu puluhan PNS, pihaknya memilih melakukan penghijauan kembali hutan yang telah gundul dengan menanam pohon kelapa.

"Sebelumnya, di tiga pulau tersebut memiliki pohon besar dan rindang. Tapi sekarang sudah punah dan gundul akibat pembabatan hutan secara liar. Daripada dibiarkan kosong, kita tanami dengan pohon kelapa. Cara ini paling efektif untuk mengatisipasi abrasi,"kata Rum

Disamping mengantisipasi abrasi, kata Rum, penanaman seribu pohon juga akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat diluar pulau. "Jika pohon kelapa yang ditanam itu kelak tumbuh besar, akan berdampak baik bagi masyarakat sekitar. Tidak hanya terhadap lingkungan tapi juga hasilnya nanti bisa dinikmati oleh masyarakat sendiri,"tuturnya

Ia mengajak masyarakat diluar pulau untuk sama-sama menjaga pulau dan memelihara kelapa yang sudah ditanam. “Kami ajak masyarakat untuk memeliharan pohon kelapa ini," harapnya.

[syf]

Related

Ragam 8771272003711863597

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item