LPKM Dompu Luncurkan Program PHBS

LKPM Dompu luncurkan Program PHBS di SDN 1 Dompu AKTUALITA.INFO , Dompu - Lembaga Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat (LPKM) Kabupa...

LKPM Dompu luncurkan Program PHBS di SDN 1 Dompu

AKTUALITA.INFO, Dompu - Lembaga Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat (LPKM) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu dan Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Senin, 31 Oktober 2016, menyelenggarakan sosialisasi dan kampanye perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SDN 1 Dompu.

Direktur LPKM Kabupaten Dompu Muhammad Syafi’i, SPi mengatakan program sosialisasi PHBS diharapkan akan membangun kesadaran masyarakat yang dimulai dari siswa tentang pentingnya hidup bersih.

Dipilihnya lembaga pendidikan sebagai tempat peluncuran program, karena dinilai bahwa lembaga pendidikan sangat efektif membangun kesadaran dan mendidik masyarakat untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat. "Lingkungan sekolah paling tepat untuk menyukseskan program masyarakat sehat," katanya.

Menurut Syafi’i, sSekolah adalah lembaga pendidikan nomor dua dari keluarga yang efektif membentuk karakter hidup bersih dan sehat. Ia berharap peran aktif guru dalam mendidik siswanya untuk selalu membiasakan hidup bersih dan sehat. "Keberhasilan di lingkungan sekolah ditentukan oleh guru, karena mereka sering berinteraksi dan membangun suatu hubungan emosional yang baik dengan para siswa," harapnya.

SDN 1 Dompu tutur Syafi`I, dijadikan pilot project karena salahsatu sekolah dasar yang maju dan dapat menjadi contoh sekolah lainnya. Di SDN 1 Dompu sudah ada wastafel atau tempat cuci tangan, sebagai salahsatu tanda bahwa di sekolah tersebut sudah membiasakan hidup bersih dan sehat. “Disekolah lain pun akan dikembangkan lagi, seperti di SDN 17 Kempo,” ujarnya.

Dalam peluncuran sekaligus sosialisasi itu, hadir Kepala Dinas Dikpora yang diwakili oleh Sekretaris Wahyuddin S.Sos, Kepala SDN 1 Dompu Muhammad Jaharudin, dan perwakilan Dinas Kesehatan Dompu.

Metode kampanye PHBS dilakukan dengan dua cara yakni direct campaign atau kampanye langsung melalui tatap muka dan sosialisasi. Selanjutnya indirect campaign atau kampanye tidak langsung melalui media antara lain poster, spanduk, audio visual dan media massa.

Sebelum melakukan kampanye terhadap anak didik, LPKM melakukan training of trainer kepada guru pembimbing. Dengan harapan bahwa guru pembimbing tersebut agent of change untuk kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Sekretaris Dinas Dikpora Wahyuddin mengapresiasi program LPKM yang dinilai cukup strategis dalam pelaksanaan program pembangunan daerah, terutama jajaran dunia pendidikan. Dirinya mengajak lingkup dunia pendidikan untuk berperan aktif dan menyukseskannya.

[yani]

Related

Headline 8298159407479538188

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item