Dukung Pembangunan Menara Masjid Jami Al-Ikhlas, Pemkab Bima Kucurkan Rp10 Juta

Bupati Bima menyerahkan bantuan dana pembangunan Menara Masjid Jami Al-Ikhlas kepada pantia pembangunan. AKTUALITA.INFO , Bima – Pemb...

Bupati Bima menyerahkan bantuan dana pembangunan Menara Masjid Jami Al-Ikhlas kepada pantia pembangunan.

AKTUALITA.INFO, Bima – Pembangunan menara masjid Jami Al-Ikhlas Desa Ncera, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Minggu (16/10/2016), ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri. Pemkab Bima mengucurkan bantuan Rp10 juta untuk mendukung pembangunan menara yang direncanakan setinggi 26 meter itu.

“Kekompakan merupakan modal penting bagi masyarakat khususnya kaum muslimin Desa Ncera dalam membangun masjid,” ujar Bupati Bima dalam sambutannya didampingi Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda, Kepala BKD, dan Kabag Administrasi Kesra Setda.

Menurut Istri almarhum Sultan Bima XVI, Sultan H Ferry Zulkarnain ST, di dalam membangun sarana ibadah, masyarakat tidak hanya bisa mengandalkan bantuan pemerintah. Tetapi yang terpenting adalah kebulatan tekad, permufakatan, dan kebersamaan dalam membangun masjid. “Inilah yang modal penting agar rumah ibadah ini dapat selesai sesuai rencana, dan dapat segera dimanfaatkan untuk kegiatan ibadah,” tuturnya.

Dikatakannya, masjid merupakan aset bersama yang harus menjadi kebanggaan masyarakat untuk dijaga keindahan dan keasriannya. Kepada masyarakat yang mayoritas petani, bupati berharap agar tidak lupa menyisihkan rejeki dari hasil pertanian maupun zakat mal lainnya. “Yang mudah- mudahan akan manfaat bagi kegiatan syiar Islam di Desa Ncera dan juga secara umum di Kecamatan Belo,” ujarnya.

Bupati mengimbau agar masyarakat Desa Ncera selalu menjaga kebersamaan, agar pembangunan di desa mendapatkan dukungan semua elemen masyarakat.

Ketua panitia pembangunan H Ismail mengatakanmasyarakat Desa Ncera sangat antusias membangun masjid. Hal ini terbukti dalam tiga tahun terakhir semangat tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan gotong-royong. “Pada tahun 2013 sampai 2014 masyarakat mengerjakan pembuatan plafon masjid dengan menggunakan lebih dari 180 pohon jati secara swadaya atau senilai Rp180 juta,” sebutnya.

Ismail memaparkan, pada tahun 2015 masyarakat Desa Ncera secara bersama-sama telah selesai membangun kubah masjid dengan anggaran Rp120 juta. Semangat itu pula yang ditunjukkan pada tahun 2016 ini dengan melakukan pembuatan emperan masjid dengan anggaran Rp35 juta. Kemudian Pembangunan menara dengan dana lebih dari Rp700 juta.

“Untuk keberlanjutan pembangunan yang telah direncanakan, kami berharap adanya dukungan dari pemerintah kabupaten Bima agar bangunan menara tersebut dapat sesuai waktu yang telah direncanakan,” harap Ismail.


[yudha/adv]

Related

Sosbud 386329598496659750

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item