Informasi adalah Kebutuhan Pokok‎, Jangan Disembunyikan!

Whorkshop Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik bagi kepala desa se-Kabupaten Bima, Rabu (7/9) ‎AKTUALITA.INFO , Bima - Informas...

Whorkshop Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik bagi kepala desa se-Kabupaten Bima, Rabu (7/9)
‎AKTUALITA.INFO, Bima - Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya. Informasi juga merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hal itu ditegaskan Zunaidin S.Sos MM, saat memberikan materi pada acara Workshop Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Bagi Kepala Desa Se-Kabupaten Bima di Aula Rapat Kantor Pemerintah Kabupaten Bima, Rabu (7/09).

Di hadapan 191 Kepala Desa, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Kabupaten Bima ini menjelaskan, bahwa hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia. Demikian juga dengan keterbukaan informasi publik, katanya, merupakan salahsatu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Keterbukaan informasi publik, lanjut Zunaidin, merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik. Terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya, serta segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

"Karena itu, tidak boleh kita menyembunyikan informasi. Tidak boleh juga sembarangan kita berikan informasi. Ada aturan main dan syarat yang harus dipenuhi," jelas Zunaidin yang didampingi Arief Rachman, Kasubag Program dan Pelaporan (Dishub Kominfo) Kabupaten Bima.

Ia menegaskan, sesuai Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 Tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi, dimana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi.

Zunaidin mengaku sudah membentuk 191 PPID Desa yang akan menyediakan akses informasi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi. Badan ini menjadi sangat fungsional di desa sebagai jembatan informasi antara masyarakat dan Pemerintah desa. "Nah, kegiatan Worshop kita hari ini adalah bagaimana menyiapkan pemerintah desa agar siap mengelola dan memberikan pelayanan informasi ‎yang baik untuk masyarakat," pungkas Zunaidin.

[yudha]

Related

Pemerintahan 8487382006501753143

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item