Eks TKI Malaysia ini Idap Penyakit Aneh di Mulut

AKTUALITA.INFO , Dompu - Yusuf (21 tahun), warga Dusun Rasabou, Desa Tembalae, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, sudah ...

AKTUALITA.INFO, Dompu - Yusuf (21 tahun), warga Dusun Rasabou, Desa Tembalae, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, sudah 2 tahun menderita penyakit aneh di bagian mulut.

Yusuf dengan penyakit yang dideriitanya.
Karena dari keluarga tak mampu, Yusuf tidak bisa berobat ke Rumah Sakit Umum terdekat. Tiga hari belakangan, Yusuf mendapat pendampingan dari Yayasan We Save melalui Panti Asuhan Lembo Ade, yang akan membantu mengupayakan pengobatannya.

Humas Yayasan We Save dan Sekretaris Panti Asuhan Lembo Ade, Anshor Zen, mengatakan pihaknya mencoba memperjuangkan hak Yusuf sebagai rakyat untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah. "Hingga saat ini, Yusuf masih menjerit kesakitan di rumahnya. Selama ini hanya mengandalkan obat tradisional karena keterbatasan secara ekonomi," ujar Anshor, Rabu malam, 14 September 2016.

Anshor mentgatakan, sebelumnya Yusuf pernah disarankan oleh dokter RSUD Dompu untuk dirujuk. Namun keluarga tidak merujuk karena alasan biaya. Pihaknya pertama kali memperoleh informasi Yusuf mengidap penyakit aneh tersebut dari laporan Mahasiswa KKN-PPL kelompok IV, STKIP Dompu. “Mendapat info itu, kami langsung berkunjung ke rumah Yusuf, dan memutuskannya untuk dibawa ke Bali," tuturnya.

Yusuf akan diberangkatkan ke Rumah Sakit Internasional Sanglah, Denpasar Bali untuk menjalani pengobatan atau operasi, Kamis, 15 September 2016. Masalah biaya, saat ini masih membutuhkan uluran tangan para dermawan. “Tapi untuk kelancaran proses operasi dan pengobatan Yusuf sudah ada titik terang berkat koordinasi dan perjuangan kami kepada para pihak," terang Anshor.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan, baru mengetahui Yusuf mengidap penyakit tersebut setelah ada informasi dari Yayasan We Save. Ditanya penyakit apa yang diderita Yusuf, Gatot menduga bahwa Yusuf mengidap penyakit tumor atau kanker. "Penyakit ini baru kami temui, ini penyakit langka. Tapi kami menduga dia (Yusuf) mengidap penyakit tumor," kata Gatot pada aktualita Rabu, 14 September 2016.

Menurut keterangan dari pihak keluarga, penyakit yang diderita Yusuf berawal dari pilek. Ketika menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia tahun 2014 silam. "Saat pilek itu, Yusuf mulai merasakan sakit di hidungnya," ungkap Ibunda Yusuf sembari menambahkan dia bersama suaminya dan Yusuf, bekerja di Malaysia sebagai buruh Kelapa Sawit.

Pada bulan Oktober 2015 lanjutnya, bersama Yusuf memutuskan kembali ke kampung halaman untuk berobat. Mengingat benjolan di hidung Yusuf semakin lama kian membesar. Sedangkan suaminya tetap berada di Malaysia mencari rejeki untuk pengobatan Yusuf. "Kami terpaksa pulang karena kekurangan uang untuk pengobatan di Malaysia. Tapi suami saya bertahan di sana untuk mencari uang," katanya.

[yani]

Related

Sosbud 7703728361363956489

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item