Rakor Dewan Ketahanan Pangan Digelar

Wakil Wali Kota Bima, H. Arahman H. Abidin, SE (depan). Foto: Dok AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Wakil Wali Kota Bima H. A Rahman H Abidin ...

Wakil Wali Kota Bima, H. Arahman H. Abidin, SE (depan). Foto: Dok
AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Wakil Wali Kota Bima H. A Rahman H Abidin SE, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan tingkat Kota Bima, Senin (19/10), bertempat di Aula Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bima. Kegiatan dihadiri oleh Asisten II Setda Kota Bima, Ir Hj Rini Indriati, Kepala BKP2 Kota Bima, Anggota FKPD Kota Bima, para kepala dinas/badan/kantor /bagian lingkup pemerintah Kota Bima, para Camat/Lurah se-Kota Bima, Pimpinan perguruan tinggi, serta Ketua Gapoktan se-Kota Bima.

Wakil Wali Kota Bima, H.A Rahman H Abidin SE mengatakan, salahsatu aspek penting pertahanan bangsa dan negara adalah sektor pangan. Sebab, hal tersebut terkait erat dengan kebutuhan paling mendasar dalam kehidupan manusia. Tanpa kecukupan pangan, mustahil bangsa tersebut mampu mewujudkan tujuan pembangunan yang dikehendakinya. Bahkan sebaliknya akan merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Persoalan pangan harus menjadi agenda penting dalam pembangunan. Sebab, tantangan utama yang dihadapi umat manusia pada masa yang akan datang adalah kebutuhan akan pangan. Kebutuhan pangan akan terus meningkat seiring peningkatan jumlah penduduk,” kata Arahman.

Dijelaskannya, melalui rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2013-2018, Pemkot Bima telah menetapkan bahwa ketahanan pangan menjadi prioritas pembangunan daerah yang telah tertuang melalui misi keempat. Yaitu Menjadikan masyarakat sejahtera berbasiskan pembangunan ekonomi lokal dengan penyediaan infrastruktur yang memadai dan perluasan akses ekonomi yang berdaya saing.

Menurut Arahman, ke depan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan tidaklah ringan. Masih banyak beberapa tantangan dan permasalahan. Antara lain laju pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi, perubahan iklim yang ekstrim, laju alih fungsi lahan yang pesat, serta keterbatasan dan kerusakan jaringan irigasi, jalan dan transportasi lainnya, degradasi sumberdaya alam dan lingkungan.

Menyangkut permasalahan degradasi lingkungan, kata Arahman, Pemkot Bima bertekad melakukan kegiatan penghijauan besar-besaran yang akan dimulai pada musim penghujan. Dalam kesempatan tersebut dia mengajak seluruh pihak untuk ikut serta melakukan penghijauan.

“Jika Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup telah selesai menyusun roadmap penghijauan, nanti dalam peta tersebut dapat dilihat area-area untuk dilakukan penanaman. Bibitnya juga dapat diminta pada dinas kehutanan,” ujar Arahman.

Kepala BKP2, Ir. Darwis menyampaikan bahwa Rakor ini dilaksanakan guna merumuskan kebijakan dan strategi pembangunan ketahanan pangan daerah. Selain itu juga diharapkan dengan Rakor ini akan terbangun komitmen bersama untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi, dan integrasi program dalam rangka membangun kedaulatan dan kemandirian pangan daerah.

[dien/hum*]

Related

Pemerintahan 2660669155805433279

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item