Pemkot Bina Imam Masjid dan Guru Ngaji

  Pembinaan Imam Masjid dan Guru Ngaji. Aktualita.info, KOTA BIMA – Pemerintah Kota Bima menggelar kegiatan pembinaan keagamaan bagi ...

 
Pembinaan Imam Masjid dan Guru Ngaji.


Aktualita.info, KOTA BIMA – Pemerintah Kota Bima menggelar kegiatan pembinaan keagamaan bagi imam masjid dan guru TPQ se-Kota Bima. Kegiatan yang berlangsung di aula SMPN 6 Kota Bima pada Jumat 28 November 2014 tersebut, dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Bima, Drs. M. Farid, M.Si.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bima, H. M. Saleh Ismail, dan Ketua LPTQ Kota Bima, H. Adnin, SQ.MPd, turut hadir dalam kegiatan pembinaan keagamaan tersebut. Peserta yang hadir merupakan para Imam Masjid dan Mushala, serta para guru TPQ dari 38 kelurahan se-Kota Bima. Pembiayaan kegiatan berasal dari DPA Bagian Kesra Tahun Anggaran 2014.

Asisten I Setda Kota Bima, Drs. M. Farid, M.Si, menyampaikan apresiasinya atas peran serta para imam dan guru mengaji di Kota Bima, yang telah menjadi pengayom dan pemberi keteduhan bagi masyarakat.

Menurutnya, dalam dunia apapun, ketika yang terlibat lebih dari satu, apalagi banyak orang, diperlukan adanya pemimpin yang memberikan arahan dan bimbingan. “Masjid yang berfungsi sebagai pusat pembinaan dan pengembangan umat, amat sangat memerlukan adanya pemimpin atau imam,” katanya.

Farid menceritakan kehidupan pada masa Rasulullah SAW. Kata dia, Rasulullah SAW berfungsi sebagai imam, baik dalam memfungsikan masjid secara utuh maupun imam dalam shalat berjamaah.

Farid menjelaskan Imam pada masa sekarang, harus berperan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan umat Islam. Baik pada kalangan internal jamaah yang dipimpinnya di masjid tersebut, maupun dalam hubungannya dengan pengurus dan jamaah masjid lain. “Ini berarti imam masjid harus mampu bersikap netral, dalam menyikapi pertentangan atau perbedaan pendapat di kalangan jamaah atau antara suatu masjid dengan masjid lainnya,” jelas Farid.

Perkembangan zaman, lanjut Farid, juga menuntut imam masjid dan guru LPTQ untuk melaksanakan peran membentengi akidah umat, menjadi teladan, serta membangun soliditas umat. Oleh karena perannya yang sangat penting tersebut, Pemerintah Kota Bima sangat memuliakan para imam masjid dan para guru TPQ. “Saya harap kegiatan ini menjadi penguat silaturahim antara pemerintah Kota Bima dengan para imam masjid dan mushala, serta para guru TPQ se-Kota Bima,” harap Farid.

[act1]

Related

Bimakita 3321446517324544934

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item